Pjs Wali Kota Bandar Lampung Beri Dukungan kepada Pelaku IKM dan UMKM untuk Lebih Kreatif

Senin 21-10-2024,19:44 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandar Lampung, Budhi Darma, memberikan dukungan dan dorongan kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar semakin terampil dan kreatif.

Tujuannya agar produk-produk mereka lebih dikenal di pasar domestik dan mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, serta berpotensi dikenal hingga ke pasar internasional.

IKM dan UMKM berperan penting dalam merekomendasikan produk lokal, menciptakan lapangan kerja, serta berinovasi dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Upaya mencintai dan menggunakan produk dalam negeri ini bukanlah hal baru, tetapi sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.

Dalam rangka membantu pengembangan IKM dan UMKM di Kota Bandar Lampung agar lebih produktif dan bersaing, Pemerintah Kota Bandar Lampung akan bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui program Unit Layanan Kemasan.

BACA JUGA:Ops Zebra 2024 Polresta Bandar Lampung Edukasi Pelajar Tentang Keselamatan Berkendara

"Unit Layanan Kemasan menyediakan layanan terkait pengemasan produk bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Tujuannya adalah membantu UMKM meningkatkan nilai tambah produknya melalui kemasan yang lebih baik dan menarik, sesuai dengan standar pasar dan regulasi," jelas Budhi Darma.

Lebih lanjut, Budhi Darma optimis bahwa ribuan pelaku IKM dan UMKM di Kota Bandar Lampung dapat memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan ekonomi daerah.

"Kemajuan yang dicapai oleh IKM dan UMKM akan memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian daerah dan masyarakat Kota Bandar Lampung," tegasnya.

Untuk mendukung hal ini, Pemerintah Kota Bandar Lampung juga memberikan berbagai kemudahan, seperti mempermudah pengurusan Surat Keterangan Usaha untuk mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta mempromosikan produk UMKM di pusat wisata kuliner, swalayan, hotel, dan destinasi wisata di Kota Bandar Lampung.

Kategori :