Resep Alami untuk Awet Muda ala dr. Zaidul Akbar

Senin 14-10-2024,22:16 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Banyak orang rela mengeluarkan biaya besar untuk perawatan demi tampilan awet muda. Namun, dr. Zaidul Akbar mengungkapkan bahwa ada bahan alami yang dapat membantu memperlambat penuaan, yaitu kunyit.

Kunyit, salah satu bahan herbal yang dikenal luas, memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga tampilan awet muda jika dikonsumsi secara rutin. Menurut dr. Zaidul Akbar, kunyit dapat memicu tubuh untuk mengaktifkan "gen awet muda," yang berperan dalam proses peremajaan sel.

"Secara ilmiah, kunyit merupakan salah satu rimpang yang sangat efektif dalam mengaktifkan gen awet muda di tubuh kita," ujar dr. Zaidul Akbar.

Untuk mendapatkan manfaat awet muda dari kunyit, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman herbal. Cara pengolahannya sederhana dan tidak memerlukan proses perebusan. Cukup bersihkan kulit kunyit, iris tipis, dan masukkan ke dalam air hangat. Diamkan selama dua jam hingga air berubah warna menjadi kekuningan, lalu minuman ini siap dikonsumsi.

BACA JUGA:Resep Tumis Tutut: Olahan Keong Sawah yang Lezat dan Berkhasiat

"Kalau ingin awet muda, coba makan kunyit tanpa direbus. Ambil kunyit, bersihkan kulitnya, bisa menggunakan sendok untuk mengelupasnya, atau jika tidak dibuang juga tidak masalah. Iris tipis dan rendam dalam air hangat, tunggu 1-2 jam hingga airnya berubah warna menjadi kuning," jelas dr. Zaidul Akbar.

Selain sebagai minuman awet muda, kunyit juga memiliki manfaat lain yang luar biasa. Minuman herbal dari kunyit ini memiliki sifat anti kanker, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dan membantu mengatasi kolesterol.

"Minuman herbal kunyit ini juga berkhasiat sebagai anti kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengatasi kolesterol, semuanya hanya dari rimpang kunyit," tambahnya.

Kategori :