Menurut dr. Zaidul Akbar, Inilah Langkah Pencegahan Osteoporosis

Senin 07-10-2024,21:46 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kepadatan tulang yang dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Penyakit ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan mengkonsumsi bahan herbal alami.

Menurut dr. Zaidul Akbar, osteoporosis bisa dicegah dan diatasi dengan konsumsi herbal. Osteoporosis sering terjadi karena tubuh memiliki terlalu banyak asam, yang disebabkan oleh konsumsi berlebihan gula, nasi, makanan berminyak, dan tepung-tepungan.

"Tulang sebenarnya dapat memperkuat dirinya sendiri jika kita menjalani pola hidup sehat, termasuk mengatur pola makan dan melakukan latihan beban untuk mencegah keropos atau menguatkan tulang yang lemah," ujar dr. Zaidul Akbar.

Ia juga menyarankan agar lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung alkali. Beberapa jenis makanan dapat membantu menguatkan tulang dan mencegah pengeroposan.

BACA JUGA:Manfaat Jus Wortel untuk Tubuh: Lebih dari Sekedar Enak

"Untuk mencegah pengeroposan tulang, sebaiknya minum air dengan pH yang baik, seperti air alkali, misalnya air zamzam," kata dr. Zaidul. Jika air zamzam tidak tersedia, alternatif lainnya adalah konsumsi makanan seperti timun, wortel, sayuran, dan sebagian besar buah-buahan yang bersifat alkali, kecuali durian.

"Durian cenderung asam. Apakah boleh makan durian? Durian itu bagus, terutama jika dikonsumsi bersama bijinya, karena biji durian juga bermanfaat untuk menguatkan tulang," jelasnya. Ia menambahkan bahwa biji durian sebaiknya direbus atau dikukus, seperti yang biasa dilakukan oleh generasi terdahulu.

Selain itu, dr. Zaidul Akbar juga merekomendasikan konsumsi petai untuk memperkuat tulang. Namun, petai sebaiknya dikonsumsi langsung atau dalam kondisi mentah, bukan dengan cara digoreng.

Kategori :