Cuaca Tidak Stabil, Dinkes Kota Bandar Lampung Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Penyakit ISPA

Rabu 25-09-2024,17:57 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Menghadapi cuaca yang tidak menentu selama beberapa waktu terakhir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap berbagai penyakit yang mungkin timbul, salah satunya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri, mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menghadapi kondisi cuaca yang sering berubah-ubah.

"Kadang cuaca sangat panas, namun tiba-tiba turun hujan deras. Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit, terutama jika daya tahan tubuh kita lemah atau tidak fit," ujar Desti Mega Putri, Rabu 25 September 2024.

Menurutnya, banyak penyakit yang muncul belakangan ini akibat cuaca buruk, salah satunya adalah ISPA, yang menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa.

BACA JUGA:160 Polisi Amankan Kampanye Hari Pertama Pilwakot Bandar Lampung

"Memang sering terjadi lonjakan kasus ISPA saat cuaca tidak stabil seperti sekarang ini. Kita sering minum minuman dingin, lalu tiba-tiba hujan dan kita kehujanan. Itu bisa memicu ISPA. Data kasus terbanyak memang ISPA," jelasnya.

Desti pun mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan di tengah perubahan cuaca saat ini.

"Pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, mencuci tangan sebelum makan, memasak makanan sendiri, dan jangan lupa memakai masker," pungkasnya.

Kategori :