Soal LPG, Pemkab Lampung Barat Bakal Surati Pertamina

Rabu 28-08-2024,18:40 WIB
Reporter : Lusiana Purba
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Stok gas elpiji atau Liquefied Petroleum Gas (LPG) di tingkat agen di Kabupaten Lampung Barat aman dan normal. 

Hal itu sesuai dengan hasil monitoring yang dilakukan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopdag) bersama Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setdakab Lampung Barat dan Polres Lampung Barat di Kecamatan Way Tenong dan Kecamatan Sekincau belum lama ini.

“Sesuai dengan hasil pemantauan dan monitoring yang kita lakukan bersama Bagian SDA dan Polres untuk pasokan LPG di tingkat agen aman dan pendistribusiannya lancar,” ungkap Kepala Diskopdag Lampung Barat Tri Umaryani, S.P, M.Si., Rabu 28 Agustus 2024.

Menurutnya, untuk pasokan di agen masih normal namun saat ini terjadi kenaikan permintaan di tingkat konsumen.

BACA JUGA:Didampingi Massa Pendukung, Pasangan Septi-Ade Resmi Daftar ke KPU Pesisir Barat

BACA JUGA:Lampung Siaga Hadapi Ancaman Virus Mpox

Faktor yang menjadi penyebab meningkatnya penggunaan LPG di tingkat masyarakat salah satunya karena musim panen dan ada juga masyarakat yang beralih dari kayu bakar ke LPG, selain itu terjadi perubahan pola distribusi. 

“Hasil koordinasi kita dengan PT Pertamina bahwa sebelumnya pendistribusian LPG tabung 3 kilogram 70% disalurkan ke masyarakat dan 30% ke pengecer namun sejak bulan Juli lalu ada kebijakan baru yaitu 90% disalurkan ke masyarakat dan 10% ke pengecer. Sehingga wajar kalau stok LPG di tingkat pengecer (warung-warung) langka karena seyogyanya masyarakat itu membeli LPG-nya di pangkalan,” tegas dia. 

Sehingga, lanjut Tri Umaryani, masyarakat diimbau untuk membeli LPG di tingkat pangkalan.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah agar tepat sasaran karena LPG tabung 3 kilogram diperuntukan untuk masyarakat kurang mampu,” ujar dia.

BACA JUGA:Cegah Mpox Jelang IAF, Pengawasan Bandara Internasional Diperketat

BACA JUGA:8 Cara Cepat Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

“Bagi masyarakat yang ingin membeli LPG di pangkalan agar membawa KTP,” sambungnya.

Terkait penambahan kuota LPG, kata dia, pemerintah daerah akan segera mengirimkan surat kepada PT Pertamina untuk penambahan kuota LPG di Kabupaten Lampung Barat. 

“Surat perihal penambahan kuota LPG tersebut akan segera kita kirimkan ke PT Pertamina dan kita berharap ada penambahan kuota dari mereka, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan LPG,” katanya 

Kategori :