6 Jenis Daun Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sabtu 17-08-2024,09:29 WIB
Reporter : Wiji
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang umum dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Selain perubahan gaya hidup dan diet, beberapa daun herbal juga dikenal memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Namun tak perlu cemas karena sebenarnya banyak obat yang bisa menurunkan kolesterol pada tubuh yaitu melalui beberapa daun herbal 

Namun lebih baik konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsinya  terlebih bagi yang menderita penyakit tertentu atau dalam perawatan medis 

BACA JUGA:Manfaat Daun Cocor Bebek: Kesehatan dan Kesejahteraan dari Alam

BACA JUGA:Tak Disangka! Oncom Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Sedangkan daun herbal ini bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, termasuk teh, kapsul, atau sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Berikut adalah beberapa jenis daun herbal yang dapat membantu mengelola kolesterol tinggi:

1. Daun Salam

Daun salam, yang sering digunakan dalam masakan, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun salam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

2. Daun Sambiloto

Daun sambiloto (Andrographis paniculata) dikenal sebagai obat herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun ini memiliki efek hipolipidemik, yang berarti dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Mangga bagi kesehatan

BACA JUGA:Segudang Manfaat Lengkuas, Salah Satunya untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kategori :