Pemkab Lampung Barat Peringati Hari Koperasi Ke-77

Selasa 30-07-2024,10:55 WIB
Reporter : Nopriadi
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M., diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Sugeng Raharjo menjadi pembina upacara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77, yang bertempat di pelataran gedung Pusat Promosi dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), komplek perkantoran Pemkab setempat, Selasa 30 Juli 2024. 

Upacara diikuti oleh kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskopdag) Lambar Tri Umaryani, pengawas, pengurus dan anggota koperasi tingkat kecamatan. 

Sugeng dalam sambutannya mengatakan, pada peringatan hari Koperasi ke-77 tahun 2024 ini mengangkat tema 'Koperasi Sebagai Ekosistem Untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil'. 

Menurutnya, tema tersebut sengaja diambil untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan indonesia emas 2045 mendatang.

BACA JUGA:Kepuasan Publik Lampung Selatan Terhadap Bupati Nanang Ermanto Capai 67 Persen

Sebab, dalam beberapa tahun terakhir bangsa-bangsa di dunia tengah menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah. Mulai dari krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, krisis iklim dan bahkan krisis geopolitik yang puncaknya menambah ketidakpastian dalam segala sendi kehidupan. 

"Tantangan serupa juga terasa dampaknya dan tengah kita hadapi di tanah air, seperti gejolak harga pangan dan ketidakpastian masa panen," ungkapnya. 

Ia berharap, dengan peringatan hari koperasi menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di tanah air semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari middle income trap (jebakan pendapatan menengah).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan segenap anggota koperasi dimanapun berada. Ketekunan dan keteladanan bapak, ibu dan saudara-saudara dalam berkoperasi telah ikut mengantarkan ekonomi indonesia tumbuh semakin berkualitas seperti sekarang ini," kata dia. 

BACA JUGA:Polres Pesisir Barat Amankan Pelaku Curanmor

Namun, kata dia, tidak boleh cepat berpuas diri, Kita membutuhkan lebih banyak lagi orang indonesia yang berkoperasi. 

"Kita membutuhkan lebih banyak lagi koperasi-koperasi sektor riil, sektor produktif yang mampu mengoptimalisasi pengelolaan sumber daya alam agar lebih adil dan mensejahterakan," pungkasnya.*

Kategori :