Toilet Tidak Ada Air, Siswa SDN 1 Bedudu Buang Air Sembarangan

Kamis 18-07-2024,13:16 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam menunjang kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SD Negeri 1 Bedudu, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berharap Pemkab setempat, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memberikan bantuan pembangunan sumur bor.

Harapan tersebut, karena dalam kebutuhan air di lokasi SD setempat sulit lantaran letaknya di tempat yang tinggi dan berada di bibir jurang, serta tidak adanya jaringan air bersih. 

Asrodi, salah satu guru saat dikunjungi media ini mendampingi Kepala Sekolah Baheram, S.Pd., menyampaikan, beberapa tahun lalu SDN 1 Bedudu yang berada di Pemangku Way Semangka mendapatkan bantuan fisik berupa renovasi gedung belajar dan pembangunan toilet.

Dari beberapa fasilitas bangunan yang di bangun melalui Disdikbud Lambar, untuk toilet tidak dapat difungsikan secara maksimal lantaran tidak adanya air.

BACA JUGA:Pj Bupati Lampung Utara Minta ASN Netral dalam Pelaksanaan Pilkada

Atas kondisi itu menjadi kendala baik siswa atau guru terkendala saat hendak buang air, seperti numpang di rumah warga. 

Bahkan tidak sedikit anak-anak terutama laki-laki masih buang air kecil sembarangan seperti di belakang gedung. 

"Untuk dapat memanfaatkan toilet yang telah dibangun pemerintah di sekolah ini kami kami hanya dapat menggunakan setelah terjadi hujan, atau sifatnya tadah hujan, dan itu sangat tidak mencukupi dengan jumlah siswa dan guru," ungkapnya.

Karena itu diharapkan pihaknya Disdikbud Lambar dapat mengupayakan bantuan pembangunan sumur bor. 

BACA JUGA:4 Manfaat Daun kumis Kucing untuk Kesehatan Kulit

Terpisah, salah satu orang tua siswa yang kebetulan juga Kepala Pemangku Way Semangka Alex Sunandar, mendampingi Peratin Alexander Metias, SE., sangat mendukung harapan dewan guru untuk bantuan sumur bor tersebut.

Sebab kata dia, air merupakan salah satu kebutuhan penting dalam menunjang segala aspek kehidupan termasuk kelancaran dan kenyamanan belajar mengajar. 

"Ya kita tahu air bukan saja dibutuhkan untuk kebutuhan toilet. Namun semua kebutuhan lainnya sehingga atas nama orang tua dan pemerintah pekon kami sangat mendukung harapan pihak sekolah bantuan sumur bor dan kami juga mengharapkan perhatian penuh dari pemerintah untuk melengkapi fasilitas pendidikan yang terus di gulirkan di sekolah ini," pintanya. 

Di tempat lain Ketua Komite Daniel Bronson S.Pdi, menyampaikan bahwasanya pihak sekolah telah berkoordinasi dengan komite, mengajukan proposal pembangunan sumur bor kepada Disdikbud Lambar.

BACA JUGA:KIS BPJS Kriteria Siap-siap Dapat Bansos Juli-September 2024

Kategori :