Hari Pertama, 4.609 Siswa Hadir Ikuti Ujian Sekolah

Senin 15-05-2023,16:18 WIB
Reporter : Lusiana Purba
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lambar, Senin (15/5/2023) berjalan lancar.

Dari jumlah peserta sebanyak 4.610 orang yang tersebar di 216 SD baik negeri dan swasta, yang tidak hadir US pada hari pertama terdapat satu orang sehingga yang hadir US sebanyak 4.609 orang. 

“Untuk hari pertama ujian sekolah tidak ada kendala dan berjalan lancar, siswa yang tidak hadir hanya satu orang dari SD di Kecamatan Suoh dikarenakan sakit sedangkan siswa lainnya hadir,” ungkap Kasi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Dasar Lediyawati mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, Senin (15/5/2023)

Dikatakannya, US merupakan pengganti ujian nasional (UN) yang telah dihapus oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA:Ini Daftar Pekon di Lambar Belum Ajukan Pencairan ADP-DD Tahap I

Kemudian untuk sistem pelaksanaan US tidak jauh berbeda dengan UN, dari pelaksanaan hingga pengawasan.

“Jadi setiap ruangan ada pengawas yang mengawasi siswa-siswi yang mengikuti ujian,” kata dia

Lanjut dia, adapun mata pelajaran yang diujikan selama US yaitu Senin (15/5) peserta mengerjakan soal Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama, Selasa (16/5) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan PKN, Rabu (17/5) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan SBdP, Jumat (19/5) Bahasa Lampung dan PJOK, serta Sabtu (20/5) Matematika dan PAK.

“Jadi Ujian Sekolah tingkat SD ini akan dilaksanakan selama lima hari yaitu Senin, Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu. Bagi siswa yang tidak hadir bisa mengikuti ujian susulan,” kata dia.

BACA JUGA:Sebulan Terakhir, Warga Suoh-BNS Terbebas dari Teror Gajah

Lediyawati berharap pelaksanaan US di Kabupaten Lambar berjalan lancar dan kondusif. 

“Kita berharap pelaksanaan US di Kabupaten Lambar berjalan lancar hingga hari terakhir. Mudah-mudahan seluruh siswa mendapatkan nilai yang bagus sehingga lulus 100 persen,” pungkas dia.*

Kategori :