Pekon Sidodadi Himpun Prioritas Usulan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Senin 16-01-2023,19:44 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Budi Setiyawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jaring Aspirasi Masyarakat (Jaring Asmara), Pemerintah Pekon Sidodadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) usulan 2023, Realisasi 2024, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, Provinsi, Nasional,dan Dana Desa (DD), Senin (16/1)

Acara berlangsung di balai pekon dipimpin Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., Unsur Pimpinan kecamatan (Uspika) Airhitam, kepala UPT Puskesmas Nurbaiti Jan, S.Kep., Ketua dan anggota LHP, seluruh aparatur pekon, bidan desa, perawat pekon, karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, bhabinkamtibmas, dan babinsa.

Camat Bambang Hermanto tegaskan musrenbang merupakan forum diskusi masyarakat warga Pekon Sidodadi untuk menyampaikan usulan perencanaan pembangunan untuk Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan ini sangat penting guna mendengar aspirasi masyarakat dalam merencanakan pembangunan apa saja yang dibutuhkan untuk dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Erna Adakan Rapat Internal Sosialisasi Informasi Sinema

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan bahwa hasil Musrenbang ini ditampung berbagai usulan-usulan kemudian bersama nantinya akan dibahas di tingkat kecamatan.

Sementara disampaikan Peratin Prayetno Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dalam rangka menghimpun daftar usulan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2024.

Lanjut Prayetno yang akrab disapa Malik, arah kebijakan pemerintah pekon daripada pembangunan untuk menjawab usulan juga aspirasi masyarakat sebelum pengambilan kebijakan pembangunan untuk Tahun 2024.

"Arah kebijakan pembangunan yang dimaksud, pertama peningkatan pemerataan pembangunan sarana dan prasarana dasar. Kedua fasilitas program pembangunan di wilayah pemukiman warga," imbuhnya.

BACA JUGA:Optimis Tingkatkan Pelayanan, Lukman Pura : Permudah Pelayanan Berbasis Elektronik

Disebutkan prioritas anggaran pembangunan. Pertama pembangunan di wilayah Pekon Sidodadi, kedua mendukung prioritas pembangunan Nasional seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), program ketahanan pangan meliputi bidang nabati dan hewani, kemudian penanggulangan kemiskinan ekstrim, pencegahan dan penanggulangan Stunting.

Bang Malik itu Berharap, mudah-mudahan usulan dari masyarakat bisa terakomodir dalam RKPD kabupaten Tahun Anggaran 2024. 

"Mudah-mudahan prioritas pembangunan maupun usulan non fisik dapat terakomodir oleh APBD kabupaten sehingga pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di pekon Sidodadi ke depan dapat semakin baik," tutupnya.*

Kategori :