Ratusan Lampu Penerangan Rusak, DLH Hanya akan Perbaiki Median Dua Jalur

Rabu 04-01-2023,10:12 WIB
Reporter : Nopri

Medialampung.co.id -  Dari total 1.300 titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) di 15 kecamatan, kondisinya sekitar 50 persen saat ini mengalami kerusakan atau dalam kondisi mati. 

 

Perbaikan LPJU di 15 kecamatan tersebut tidak akan dilakukan tahun anggaran 2023 ini, hal ini diketahui setelah  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lambar hanya mengalokasikan perbaikan untuk median dua jalur (jalan protokol) Liwa-Waymengaku.

 

Kabid Pertamanan pada DLH Lambar Ahmad Ahnuh, ST., mengungkapkan, tahun anggaran 2023 ini pihaknya hanya bisa memperbaiki sebanyak 100 titik Lampu Penerangan di median dua jalur, mengingat terbatasnya anggaran yang hanya Rp57 juta.

 

"Tahun ini ada perbaikan, tetapi hanya untuk median dua jalur saja, jumlahnya 100 titik, sementara untuk lampu penerangan di kecamatan belum bisa kami lakukan perbaikan tahun ini karena anggarannya tidak ada," ungkap Ahmad Ahnuh, mendampingi Kepala DLH Muhammad Henry Faisal, SH, MH., Rabu (4/1/2023).

 

Dengan anggaran Rp57 juta untuk 100 titik lampu penerangan median jalur dua tersebut, kata dia, juga dikhawatirkan tidak bisa mengcover seluruh kerusakan yang ada, mengingat jumlah lampu penerangan median dua jalur tersebut berjumlah sebanyak 260 titik di 130 tiang yang ada.

 

"Insha Allah dengan jumlah 100 titik yang dianggarkan tahun ini semua lampu yang kondisi rusak dan mati bisa kita perbaiki, namun ketika memang kerusakan terus bertambah maka tentunya jumlah yang kita anggarkan itu bisa saja kurang, mengingat jumlah lampu penerangan di median dua jalur tersebut berjumlah 260 titik," kata dia.

 

Lebih lanjut dikatakan Ahnuh, perbaikan lampu penerangan khusus di median dua jalur tersebut akan dilakukan secepatnya, dan ditargetkan sebelum lebaran hari raya idul Fitri mendatang seluruh lampu jalan di median dua jalur tersebut sudah menyala semua.

 

"Sementara itu untuk lampu penerangan di kecamatan yang dalam kondisi rusak dan sudah banyak dikeluhkan oleh masyarakat kami berharap agar bersabar, kami akan berupaya mengusulkan di tahun anggaran mendatang," pungkasnya. (mlo/nop)

Tags :
Kategori :

Terkait