2023, Pemkab Lambar Siapkan Rp2,7 Miliar untuk Umroh-Wisata Rohani

Minggu 18-12-2022,18:18 WIB
Reporter : Lusiana Purba
Editor : Budi Setiyawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar kembali menggulirkan program umroh gratis dari berbagai kalangan maupun kelompok masyarakat. Jika tahun ini dianggarkan untuk 100 orang namun tahun 2023 mendatang jumlahnya berkurang yaitu hanya 70 orang.

Selain akan memberangkatkan 70 orang jamaah secara gratis dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pemkab Lampung Barat juga akan memberangkatkan warga non muslim yang akan berwisata rohani. 

“Untuk mendukung kegiatan agama tersebut, pemerintah daerah telah menganggarkan dana sebesar Rp2.770.000.000, rinciannya Rp2.450.000.000 untuk umroh dan Rp320.000.000 untuk wisata rohani,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Minggu (18/12/2022).

Kata dia, tahun 2020 pemerintah daerah tidak menganggarkan dana untuk kegiatan umroh dan wisata rohani sedangkan tahun 2021, pihaknya menganggarkan dana namun kegiatannya tidak dilaksanakan karena ada wabah Covid-19 serta pintu masuk kenegara yang dituju ditutup. 

BACA JUGA:Istri Pj Bupati Pringsewu Dapat Penghargaan dari Radar Lampung

Sementara untuk tahun ini, pemerintah daerah kembali melaksanakan program tersebut.

Lanjut dia, sasaran dari pada umroh gratis ini yaitu mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, imam masjid, guru ngaji, marbot, perwakilan organisasi, pekon dan kecamatan, termasuk dari unsur pemerintah yang berprestasi dan lain sebagainya. 

"Kita tidak hanya memberangkatkan umroh bagi pemeluk agama islam saja, melainkan untuk agama non muslim juga. Bagi warga agama non muslim kita berangkatkan wisata rohani untuk delapan orang, dengan tujuan tergantung agama masing-masing. Seperti agama Hindu ke India, Budha ke Thailand, dan Kristen Protestan dan Katolik ke Yerusalem," pungkas Agustanto.*

Kategori :