Material Longsor di Tiga Titik Berhasil Dibersihkan, Arus Lalulintas Liwa-Krui Kembali Lancar

Minggu 06-02-2022,13:01 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Bencana tebing longsor dan pohon tumbang yang menimbun tiga titik akses jalur Liwa-Krui, yaitu satu titik di Kilometer (KM) 2 dan dua titik di KM 7 Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat berhasil dibersihkan, Minggu (6/2) sekitar pukul 12.00 WIB.

Kini, arus lalulintas dari arah Liwa menuju Krui atau sebaliknya sudah dapat diakses oleh kendaraan roda empat maupun roda enam secara bergantian.

Proses evakuasi dipimpin oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa, Camat Balikbukit Mat Suhyar, yang diikuti oleh 40 Satgas Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD), BPJN, Petugas PLN, Tagana, Satgas Penanggulangan Bencana Pekon Kubuperahu, unsur TNI- Polri serta masyarakat.

Ditemui di lokasi, Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa mendampingi Kepala BPBD Padang Priyo Utomo mengatakan, proses evakuasi dilakukan dengan mengerahkan puluhan personel BPBD, mulai dari memangkas pohon tumbang serta pembersihan material longsor menggunakan alat berat milik Pemkab Pesisir Barat.

"Penanganan longsor khususnya yang menimbun  tiga titik jalur Liwa-Krui sudah selesai dievakuasi. Satu titik di kilometer 2 dilakukan secara manual dan kini sudah dapat diakses oleh kendaraan roda empat maupun roda enam secara bergantian karena baru di prioritaskan untuk satu jalur. Sementara dua titik pada kilometer 7 juga sudah selesai dibersihkan dengan bekerjasama menggunakan alat berat Pemkab Pesisir Barat," jelasnya.

Selain di lokasi itu, pihaknya mengimbau pengendara agar tetap waspada karena badan jalan mengalami amblas akibat tergerus arus sungai yang meluap sehingga hanya bisa dilalui satu jalur.

"Kondisi longsor atau jalan amblas di kilometer 5 ini sangat mengkhawatirkan karena hanya menyisakan separuh badan jalan, jadi pengendara harus tetap waspada," tambah Mekal.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait