Masyarakat Pekon Ringin Jaya Harapkan Pembangunan Ruas Jalan Kabupaten

Senin 12-04-2021,12:06 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Masyarakat Pekon Ringin Jaya, Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat mengharapkan ada pembangunan ruas jalan kabupaten di pekon setempat. Sebab akses jalan alternatif di wilayah itu sangat dibutuhkan masyarakat.

Darwin, salah satu warga Pekon Ringin Jaya mengaku sejak lama kondisi sebagian jalan di wilayah ini terutama jalan alternatif penghubung ke pekon lainnya Rusak Parah, padahal merupakan salah satu akses utama warga.

“Kami sudah cukup lama menunggu ada pembangunan ruas jalan di wilayah ini, tapi sampai sekarang belum pernah terealisasi,” katanya.

Ditambahkannya, terdapat sekitar 200 jiwa penduduk yang setiap hari mengandalkan ruas jalan tersebut sebagai akses transportasi untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan hingga akses anak-anak ke sekolah.

Dengan belum dibangunnya oleh Pemerintah, masyarakat yang melintasi jalan itu kerap terkendala terutama saat musim hujan karena kondisi jalan yang licin dan sulit dilalui.

“Kondisi ruas jalan itu masih tanah, sehingga saat hujan tentu sulit dilalui terutama kendaraan bermotor. Kita berharap pemerintah bisa memprioritaskan pembangunan jalan di wilayah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Peratin Pekon Ringin Jaya Laminto, mengatakan, ruas jalan yang ada di wilayah Pekon Ringin Jaya itu sebagian menjadi kewenangan Kabupaten Lampung Barat dan hingga kini belum juga ada pembangunan meski setiap tahun menjadi prioritas usulan di Pekon dan di Kecamatan saat musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

“Ruas jalan itu adalah jalan alternatif, panjangnya sekitar 4-5 kilometer yang menghubungkan pekon Ringin Jaya dan Pekon Negeri Jaya,” katanya.

Karena itu, kata dia, sebagian ruas jalan alternatif yang melintasi pekon Pekon Ringin Jaya itu merupakan kewenangan Kabupaten Lampung Barat untuk membangunnya. 

“Memang tahun ini akan dibangun oleh dinas terkait, meskipun kami belum mengetahui kapan akan terlaksana pembangunannya. Mudah-mudahan tidak ada kendala akan segera dibagun agar mempermudah akses jalan masyarat ketika akan bepergian,” katanya.(adi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait