Kemendagri Uji Coba e-KTP QR Code, Disdukcapil Lampung Sudah Kirim Data 2 Wilayah ke Pusat 

Kamis 06-01-2022,21:53 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah melakukan uji coba menerbitkan KTP elektronik (e-KTP) dalam bentuk digital yang memiliki QR Code.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh ini mengatakan, untuk melakukan uji coba e-KTP digital, data di setiap daerah akan di update terlebih dahulu oleh pemerintah pusat. Sehingga pengguna Sistem Informasi Kependudukan (SIAK) tidak terdapat data ganda.

Ia mengatakan saat ini ada dua daerah di Lampung data nya sudah dikirimkan ke pusat. 

“Untuk di provinsi Lampung sendiri, sudah dua daerah yang datanya telah dikirim ke pusat, diantaranya Kota Metro dan Kabupaten Pesawaran," ungkapnya saat di Konfirmasi, Kamis (6/1).

Lanjutnya, Data yang akan di update oleh pusat akan menghasilkan domisili asli yang ada di wilayah tempat pemilik KTP. 

“Jadi ketika data sudah di reset ulang, maka ketika ada data yang sudah tidak valid akan diketahui. Karena sekarang masih data orang yang sudah meninggal dunia namun keterangannya masih penduduk aktif,” terangnya. 

Ia berharap, pemerintah pusat memilih Lampung untuk dilakukan uji coba e-KTP digital QR code. Lampung ada kemungkinan, dikarenakan ada dua wilayah yang telah dilakukan pemeriksaan data terpusat.

“Saya berharap ya pemerintah memilih Lampung, karena ada untungnya juga, kita bisa lebih mendahului untuk memahami e-KTP digital dengan QR code,” harapnya.

Dijelaskan juga, adapun teknis penggunaan SIAK tersebut yaitu pengguna atau masyarakat mengunduh aplikasi di Google Play Store.

"Aplikasi tersebut bisa diundur melalui handphone tersedia di PlayStore," pungkasnya. (ded/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait