Jika Direstui Kemenkes, RS Tipe D di Lambar Mulai Dibangun 2023

Selasa 22-03-2022,14:00 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat, telah menyampaikan usulan pembangunan Rumah Sakit (RS) Tipe D yang direncanakan berlokasi di Pekon Simpangsari Kecamatan Sumberjaya, kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. 

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, penetapan Lokus pembangunan rumah sakit akan dilaksanakan April ini oleh Kemenkes, jika nantinya pembangunan RS Tipe D yang diusulkan ditetapkan menjadi Lokus utama maka pembangunan fisik akan dimulai pada tahun anggaran 2023 mendatang. 

"Usulan sudah kami sampaikan, April ini penetapan oleh Kemenkes, kalau menjadi lokus utama di tahun ini, maka pembangunan fisik akan dimulai di tahun 2023. Namun pada intinya terkait masalah lahan yang sempat terkendala saat ini sudah ada dan sangat cukup untuk pembangunan RS Tipe D," ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Sementara itu, disinggung perihal usulan pembangunan gedung RS Tipe D yang disampaikan ke Kemenkes, menurut Wawan, nantinya gedung RS tersebut akan dibangun cukup megah, namun tetap dalam tipe D dibawah RSUD Alimuddin Umar. 

"Kalau planing kita, tentunya lebih dari gedung-gedung puskesmas rawat inap, bahkan dari RSUD Alimuddin Umar saat ini tentunya akan lebih megah, tetapi untuk tipe tentunya tetap dibawahnya, namun kedepan tidak menutup kemungkinan jika RSUD Alimuddin Umar bisa menjadi Tipe B, maka RS Tipe D di Sumberjaya bisa meningkat menjadi Tipe C," imbuhnya. 

Lebih lanjut dikatakan Wawan, pembangunan RS Tipe D tersebut sebagai jawaban pemerintah dalam menanggapi aspirasi masyarakat, terutama yang selama ini mengeluhkan terkait jauhnya jarak tempuh menuju RSUD Alimuddin Umar di Liwa. 

Kondisi ini menyebabkan banyak warga di wilayah timur lambar dalam pelayanan kesehatan justru lari melakukan pengobatan di luar daerah seperti menuju Lampung Utara (Lampura) dan Waykanan. Apalagi yang sifatnya pengobatan emergency seperti persalinan. (nop)

Tags :
Kategori :

Terkait