Pesbar Masih Kekurangan ASN

Minggu 28-11-2021,20:58 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat hingga kini, jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten setempat masih jauh dari kata cukup guna memenuhi kebutuhan perangkat daerah di kabupaten setempat.

Kepala BKD Pesbar, Syahrial Abadi, S. Sos., melalui Sekretaris BKD Khairi, S. Pd., mengatakan kini jumlah PNS di kabupaten setempat mencapai 2.269 orang, yang terdiri dari PNS di lingkungan Pemkab Pesbar, tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan.

“Kebutuhan ideal PNS di kabupaten ini sekitar 6.000 orang, kebutuhan itu untuk mengisi seluruh sektor pemerintahan mulai dari perangkat daerah, tenaga pendidikan hingga tenaga kesehatan,” kata dia.

Dijelaskannya, untuk menutupi kekurangan tenaga PNS itu, kini masih diisi oleh tenaga kontrak daerah (TKD), karena itu keberadaan TKD dalam membantu jalannya roda pemerintahan di kabupaten setempat.

“Ada 2.638 tenaga kontrak daerah (TKD) yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pesbar termasuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan untuk mengisi kekurangan pegawai,” jelasnya.

Dikatakannya, keterbatasan anggaran masih menjadi penyebab belum maksimalnya kebutuhan tenaga PNS di wilayah setempat, bahkan dalam melakukan perekrutan CPNS dan CPPPK  tidak banyak.

“Untuk kebutuhan CPNS tahun ini saja kita hanya mampu mengusulkan  124 tenaga CPNS dan 157 tenaga PPPK Guru, masih jauh dari kebutuhan kita saat ini, karena hanya sebatas itu kemampuan anggaran kita,” terangnya.

Ditambahkannya, dari jumlah formasi tersebut belum tentu semua formasi bisa terisi, sehingga saat ini pihaknya masih terus memaksimalkan keberadaan pegawai yang ada.

“Secara keseluruhan semua instansi masih kekurangan pegawai, karena keterbatasan itu membuat kita harus tetap memaksimalkan keberadaan pegawai yang ada baik PNS dan TKD,” tandasnya.(ygi/d1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait