Jadi Pekon ke-14 Pelaksanaan EPP dan Lomba BKB, Tuguratu Terapkan Prokes Secara Ketat 

Kamis 25-03-2021,14:19 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dinas Pemberdayaan masyarakat pekon (DPMP) Kabupaten Lampung Barat merampungkan pelaksanaan Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) dan Lomba Bina Keluarga Balita (BKB)  di 15 kecamatan yang ada di kabupaten setempat,  pada Kamis (25/3) dengan finish di di Pekon Tuguratu Kecamatan Suoh dan Pekon Srimulyo Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS).

Penerapan protokol kesehatan (Prokes) pada EPP dan lomba BKB tersebut tampak diberlakukan dengan ketat, sesuai petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2021 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bina Pemerintah  Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, termasuk tidak melakukan acara seremonial.

Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon DPMP Lambar Desmon Irawan, ST., dalam sambutannya saat melakukan EPP di Pekon Tuguratu Kecamatan Suoh mengungkapkan,  evaluasi perkembangan pekon dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah pekon serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, kemudian mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing pekon sesuai dengan nilai-nilai pancasila 

”Evaluasi perkembangan pekon bertujuan untuk, melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan pekon dalam kurun waktu Januari hingga Desember,” ungkapnya.

Terusnya,  EPP tingkat kabupaten meliputi evaluasi bidang pemerintahan pekon,  evaluasi bidang kewilayahan pekon, dan evaluasi bidang kemasyarakatan pekon. 

”EPPP yang dilaksanakan merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan tingkat nasional. EPP adalah evaluasi perkembangan pembangunan atau usaha pemerintah dan pemerintahan daerah bersama masyarakat pekon yang bersangkutan, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan pembangunan pekon yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong-royong masyarakat,” kata dia.

Dengan diselenggarakannya EPP setiap tahunnya, kita berharap kegiatan ini bukan sekedar rutinitas saja, akan tetapi merupakan tolak ukur aparatur pemerintahan pekon dan masyarakatnya untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan di pekon masing-masing serta menggali potensi-potensi sumberdaya yang ada di pekon dengan dilakukannya penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong-royong masyarakat pekon.

”Lomba BKB bertujuan agar orang tua mengasuh anak dengan pola asuh yang benar dan baik sesuai dengan tingkat umurnya, sehingga tumbuh kembang anak secara optimal  dimana merupakan generasi emas dan merupakan generasi di masa yang akan datang,” kata dia.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pekon berperan aktif dalam segala aspek kegiatan dan program guna mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera. Salah satunya adalah keseriusan melaksanakan kegiatan penyelenggaraan EPP dan Lomba BKB tahun 2021,” imbuhnya. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait