Peratin Waypetai Santuni Yatim Piatu di Peringatan Isra Mi'raj di TPA Al-Komariah

Kamis 03-03-2022,16:17 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Umat muslim di Pekon Waypetai, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 2022, yang dipusatkan di Taman Pembelajaran Al-Qur'an (TPA) Al-Komariah Pemangku lV, Kamis (3/3).

Dalam, Tausiyah yang disampaikan langsung oleh Peratin Sutan Sahril, menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW, dengan mengendarai Buraq didampingi malaikat Jibril, perjalanan malam hari dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsa di Palestina.

Kemudian naik sampai ke Langit Ketujuh dan menuju Sidratul Muntaha. Sebelum Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha, Nabi singgah ke Baitul Makmur tempat para malaikat tawaf. 

Kemudian ke Sidratul Muntaha dan Menerima Perintah dari Allah SWT, Sholat wajib Lima Puluh (50) kali dalam waktu dalam sehari semalam. Atas saran Nabi Musa AS maka Nabi Muhammad SAW meminta Rukhsah/Keringanan dari Allah SWT.

Setelah tiga kali Nabi Muhammad menghadap Allah. SWT, akhirnya memberikan keringanan Sholat Wajib Lima (5) waktu dalam sehari semalam bagi Nabi Muhammad SAW dan umatnya.

Sutan menyampaikan kepada para jamaah, hikmah dari peringatan isra' mi'raj pertama perintah Sholat wajib Lima waktu dalam sehari semalam. Kedua Kiblat ke Masjidil Haram.

"Semoga dengan peringatan Isra Mi'raj ini Bermanfaat dan Menambah iman, Islam bagi umat Muhammad SAW," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu Sutan juga mengajak warga untuk selalu mawas diri dalam menghadapi kondisi cuaca yang kurang bersahabat, serta mengupayakan untuk selalu menjaga kesehatan diantaranya melaksanakan anjuran pemerintah dengan vaksin Covid-19 sesuai dosis ditentukan. Yakni bagi yang sudah layak vaksin Booster untuk datang ke gerai-gerai yang disediakan pemerintah.

Dalam acara itu juga dilaksanakan kegiatan amal berupa pemberian santunan kepada anak yatim dan piatu.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait