Harga Singkong Menurun, Arinal akan Fokuskan Infrastruktur

Senin 01-03-2021,20:06 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi menanggapi Persoalan harga singkong yang terus menurun. Ia mengatakan persoalan harga tersebut harus diselesaikan dengan langkah strategis Pemprov Lampung dengan menyelesaikan infrastruktur yang lebih baik lagi.

Ia juga menyatakan hal ini dapat mempengaruhi produksi singkong yang dibutuhkan dunia industri nantinya.

“Saya lebih mengedepankan jangan menyoal pada pengusaha, tapi saya harus menyelesaikan infrastruktur lebih bagus agar bisa melakukan transaksi tepat waktu, pengangkutannya juga dengan benar. Dan apabila ini sudah bagus, saya minta pengusaha bangun industri disitu, sehingga tidak perlu membangun di lokasi yang terlalu jauh,” jelas Gubernur saat dimintai keterangan di Diskominfotik Provinsi Lampung, Senin (1/3).

Arinal juga menjelaskan jalan sepanjang Lampung Utara, Waykanan, Tulangbawang Barat, dan Tulang Bawang sepanjang 126 kilometer ialah potensi industri singkong dan jagung.

Lanjutnya, Jika infrastruktur jalan sudah bagus di daerah tersebut, maka tidak menutup kemungkinan akan akan mendorong terwujudnya industri di wilayah yang sama.

“Kalau jalan bagus, nanti kita dorong buat industri disitu. Jika sudah ada, maka tidak perlu lagi ada biaya transportasi. Karena itu lah yang menyedot biaya sehingga harga singkong jadi murah, jika semua sudah ada pabriknya disitu apa alasannya untuk diturunin harganya,” jelasnya.

Ia juga menerangkan turunnya harga singkong per kilogramnya ini memang fluktuasi hal tersebut bisa saja muncul karena permainan dagang. Namun, tetap saja ada faktor kebutuhan yang menurun mengingat dunia tengah dihadapkan pandemi global Covid-19.

“Pengusaha, Tidak bisa diintervensi, ini ekonomi, tapi pemanfaatan lebih baik itu tugas saya. Misalnya kami minta harga naikkan, namun mereka tidak butuh juga akan bangkrut,” pungkasnya. (ded/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait