Simpang Sebelat-Sukarame Disiram Rp10 Miliar Lebih

Rabu 19-01-2022,16:11 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Ruas jalan Simpang Sebelat (Sukau) - Sukarame (Balikbukit) akan ditangani oleh Pemkab Lampung Barat tahun anggaran 2022 ini. Untuk penanganan ruas jalan tersebut, Pemkab Lambar mengalokasikan sebesar Rp10.050.757.000,00,- bersumber program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Lambar Robert Putra, ST., MT., mengungkapkan, kondisi ruas jalan tersebut di beberapa titik mengalami kerusakan cukup parah, sehingga menjadi salah satu prioritas pembangunan di tahun 2022 ini.

”Dari total panjang ruas jalan Simpang Sebelat-Sukarame, sepanjang 1,7 kilometer akan ditangani tahun ini, dengan total anggaran sebesar Rp10 Miliar lebih. Dibeberapa titik kondisinya rusak parah karena memang pengaspalan ulang dilakukan sudah cukup lama,” ungkap Robert mendampingi Kepala DPUPR Lambar Ir. Ansari.

Penanganan ruas jalan tersebut, lanjut dia, akan dikerjakan oleh CV. Fatih selaku pemenang tender. Pertengahan tahun ini masyarakat sudah bisa menikmati jalan yang mulus.

Meski belum seluruhnya dibangun, kata dia, tentunya dengan panjang mencapai 1,7 kilometer yang ditangani tahun ini akan memperlancar arus transportasi masyarakat, yang diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan kondisi jalan yang rusak.

”Ruas jalan simpang Sebelat-Sukarame itu sebenarnya dua jalur, tetapi hanya akan difungsikan satu jalur saja, termasuk pembangunan yang akan dilakukan hanya satu jalur, namun untuk kedepannya tentu ada rencana untuk dilakukan penanganan semua, ” imbuhnya. 

Untuk diketahui, bersumber pinjaman PEN sebesar Rp78 miliar digunakan untuk kegiatan fisik. Selain ruas jalan Simpang Sebelat (Sukau)-Sukarame (Balikbukit) sepanjang 1,7 km, delapan ruas jalan lainnya yakni Liwa-Hanakau sepanjang 5,9 km, Way Heni-Sukamarga (Suoh) 2,7 km, Pekon Mutaralam-Gunungterang 2,8 km. Kemudian Bungin-Gunung terang 6,3 km, Batu kebayan-Waspada 3 km, Srimulyo-Bandaragung (Bandarnegeri Suoh 1,6 km. Jalan akses menuju kampung kopi 1,8 km dan jalan akses menuju sekolah kopi 0,7 km (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait