Sanggar Seni Gauri Akan Menjadi Tuan Rumah Pentas Budaya “Backpacker Teater" Se-Provinsi Lampung

Kamis 10-12-2020,17:48 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dalam upaya mengaktifkan kembali proses kreatif para penggiat teater di Provinsi Lampung. Setelah hampir satu tahun ini terhambat karena pandemi Covid-19. Maka, di era new normal dengan adaptasi kebiasaan baru ini, tiga tokoh teater di Provinsi Lampung yaitu, Iswadi Pratama (Founder Teater Satu), Ari Pahala Hutabarat (Founder Teater KOBER), bersama Muadin (Ketua Dewan Kesenian Metro) menginisiasi untuk menyelenggarakan “Backpacker Teater” di Provinsi Lampung.

Backpacker Teater merupakan suatu konsep acara yang tujuannya adalah merangkul komunitas-komunitas teater di Provinsi Lampung untuk berkumpul di suatu tempat dan melangsungkan pementasan teater.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam melaksanakan Kegiatan Backpacker Teater harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Seperti Backpacker Teater Lampung #1 yang telah sukses diselenggarakan beberapa waktu lalu oleh Teater Jabal pada tanggal 30 Oktober 2020 di Tanggamus.

Sanggar Seni Gauri sebagai salah satu komunitas teater di Kabupaten Lampung Barat, terpilih menjadi tuan rumah yang akan menyelenggarakan acara Backpacker Teater Lampung #2. Backpacker Teater #2 yang menjadi bagian dari Pentas Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat.

Acara ini akan berlangsung selama dua hari yaitu Jum’at-Sabtu (11-12/12). Sanggar Seni Gauri bekerjasama dengan Sangar Cupido dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat akan melaksanakan acara ini di Lapangan Manunggal Sumberjaya.

Peserta acara ini merupakan komunitas teater di Provinsi Lampung seperti Teater Jabal, Teater Kurusetra, Teater Malam, Teater Satu, Teater Meraki, Teater Senja, UKM KSSF UNILA, Komunitas Berkat Yakin dan Dewan Kesenian Metro, serta komunitas teater SMAN 1 Kebun Tebu dan SMAN 1 Way Tenong.

[caption id="attachment_148053" align="aligncenter" width="406"] Ketua Sanggar Seni Gauri, Rian Krama Yudha[/caption] Ketua Sanggar Seni Gauri, Rian Krama Yudha mengatakan, bahwa dari 9 Komunitas yang hadir akan menampilkan pementasan monolog dan drama pendek sehingga akan ada pementasan 1 drama pendek dan 6 pementasan monolog.

“Pementasan ini salah satu tujuannya adalah sebagai tempat belajar dan bertukar pikiran antar komunitas teater. Salah satu kunci keberhasilan dalam berkesenian adalah kesinergisan berbagai pihak, maka sangat penting untuk setiap komunitas untuk berkumpul dan bersama-sama merawat seni teater untuk terus hidup,” ujar Rian Krama Yudha, Kamis (10/12) 

Lanjut Rian Krama Yudha, untuk menambah kekayaan wawasan Seni Pertunjukan bagi peserta Backpacker, di dalam kegiatan ini juga akan menampilkan Pentas Budaya Seni Budaya yang ada di Lampung Barat berupa Orkes Gambus Lampung, Seni Bela Diri dan penampilan seni budaya dari komunitas lainnya.

“Kami berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar,” harapnya. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait