Pekon Simpangsari Rembug Stunting Bersama Stakeholder Kecamatan 

Rabu 13-10-2021,15:17 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemerintah Pekon Simpangsari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat, berdasarkan agenda yang telah ditetapkan  bertempat di balai pekon melaksanakan musyawarah rembug stunting. Kegiatan ini dilakukan bersama pihak kecamatan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas serta Tenaga Pendamping Profesional (TPP), dan para kader pekon,  Rabu (13/10).

Disampaikan Kasubag TU Puskesmas Sumberjaya Novita Hada, S.Kep., mendampingi Kepala Puskesmas Subianto, S.Km., diantara penyebab dilakukannya musyawarah rembug stunting tersebut, adalah adanya angka stunting di Pekon Simpangsari yang cukup tinggi dengan indikasi 14 kasus. 

Novita menerangkan, rencana lanjutan yang akan dilakukan pihak puskesmas terkait indikasi kasus stunting di Pekon Simpangsari, Sabtu (16/10) tim terkait dalam hal ini Puskesmas akan terjun kelapangan melakukan sosialisasi dan bimbingan konseling, sebagai upaya pemaksimalan pencegahan dan penanganan. 

Sementara ditegaskan Sekcam Sumberjaya Heptanius, S.P., mendampingi Camat Drs Dahlin, M.Pd., rembug stunting ini akan dilaksanakan di semua pekon dan kelurahan dengan agenda penyusunan rencana kegiatan pekon dalam hal pencegahan dan penanganan stunting yang akan didanai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) 2022. 

"Semua stakeholder kecamatan dan pekon seperti Kader PKK, Posyandu, BKB, termasuk kader pembangunan/pemberdayaan menggelar rembuk berdasarkan data yang sudah terhimpun. Selain melakukan cross check data, situasi dan kondisi, peserta rembuk juga membahas kegiatan yang akan dilakukan dalam upaya  mencegah maupun menangani stunting," terangnya. 

Heptanius menyebutkan penanganan masalah stunting ini  bukan program lokal saja melainkan sudah menjadi agenda nasional, karena itu pekon harus mengalokasikan dan mengoptimalkan dana yang ada untuk penanganan masalah stunting ini. Begitu juga masyarakat agar sama-sama peduli dan menyadari terhadap bahaya stunting. 

"Masyarakat juga diharapkan bisa bahu membahu bersama  pemerintah mencegah dan menangani stunting, agar tidak menjadi masalah yang semakin kompleks dan menurunkan kualitas sumberdaya manusia di Pekon Simpang Sari juga di pekon/kelurahan yang lain," imbuhnya.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait