Pekan Depan, Pemkab Lambar akan Gelar EPP Tingkat Kabupaten

Jumat 04-03-2022,16:18 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Tim evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lambar mulai Senin (7/3) hingga Kamis (17/3) mendatang akan melakukan penilaian EPP di tingkat pekon. 

“Tim akan turun melakukan penilaian selama delapan hari, dan untuk hari pertama tim akan melakukan penilaian di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebuntebu dan Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya,” ungkap Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon Desmon Irawan, S.T mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Drs. Syaekhudin, Jumat (4/3)

Ia menjelaskan, sesuai dengan jadwal untuk EPP tingkat Kabupaten Lambar akan dilaksanakan mulai Senin (7/3) di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebuntebu dan Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya.

Lalu pada Selasa (8/3) di Pekon Sukamulya Kecamatan Pagardewa, Rabu (9/3) Pekon Sukananti Kecamatan Waytenong dan Pekon Waspada Kecamatan Sekincau, dan Kamis (10/3) Pekon Sukajadi Kecamatan Airhitam dan Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian.

Kemudian Senin (14/3) Pekon Argomulyo Kecamatan Batuketulis dan Pekon Suka Makmur Kecamatan Belalau, Selasa (15/3) Pekon Heniarong Kecamatan Lumbokseminung serta Pekon Bumijaya Kecamatan Sukau, Rabu (16/3) Pekon Kotabesi Kecamatan Batubrak dan Pekon Sebarus Kecamatan Balikbukit.

Terakhir Kamis (17/3) penilaian akan dilaksanakan di Pekon Sidorejo Kecamatan Suoh dan Pekon Bandaragung Kecamatan Bandarnegeri Suoh.

Adapun indikator EPP, lanjut dia, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No.81/2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.

Lalu, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat. 

“Kita berharap pelaksanaan EPP tahun ini berjalan lancar,” ujar Desmon seraya menambahkan, tim penilai lomba EPP tingkat kabupaten terdiri dari DPMP, Tim Penggerak (TP) PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Satuan Polisi Pamong Praja. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait