Realisasi DAU Lambar Capai 99,52 Persen 

Kamis 02-12-2021,17:03 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pendapatan daerah bersumber dari dana alokasi umum (DAU) untuk Kabupaten Lambar tahun 2021 terealisasi 99,52%.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan, target pendapatan dari DAU di Lambar tahun ini sebesar RpRp491,712 miliar lebih namun hingga kini telah terealisasi sebesar Rp489,328 miliar atau 99,52%. 

Menurut Okmal, kegunaan utama DAU yakni untuk pembiayaan gaji pegawai, dan untuk pembiayaan lainnya termasuk didalamnya digunakan untuk pembiayaan kegiatan di perangkat daerah.

“DAU sebesar Rp489,328 miliar lebih yang telah masuk ke kasda itu, diantaranya digunakan untuk pembayaran gaji aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lambar serta sejumlah kegiatan rutin di setiap perangkat daerah,” tegasnya.

Dilain pihak, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P., M.Si., mengatakan, tahun 2022 mendatang, Kabupaten Lambar akan menerima kucuran DAU sebesar Rp492,394 miliar lebih.

“Sesuai dengan pagu anggaran dari pemerintah pusat, Kabupaten Lambar akan menerima DAU sebesar Rp492,394 miliar tahun depan,” ucap Agustanto.

Menurut dia, DAU adalah dana yang berasal dari APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan daerah untuk membiayai kebutuhan pengeluarannya dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

“DAU memiliki jumlah yang sangat signifikan sehingga semua pemerintah daerah menjadikannya sebagai sumber penerimaan terpenting dalam anggaran penerimaannya,” tutup dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait