Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Lambar Segera Dimulai

Jumat 07-01-2022,15:23 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Lampung Barat segera dimulai. Saat ini sosialisasi terus dilakukan, sembari menunggu persetujuan orang tua wali murid melalui surat pernyataan yang menyatakan menyetujui dilakukannya vaksinasi terhadap anaknya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, sembari menunggu stok vaksin datang, melalui sekolah pihaknya melakukan sosialisasi, terkait dengan adanya vaksinasi terhadap anak berusia 6-11 tahun tersebut.

”Orang tua diharapkan dapat mendukung rencana tersebut dengan menyegerakan vaksinasi untuk anak-anak mereka. Rencana pemerintah untuk memberikan vaksin Covid-19 kepada anak umur 6 tahun-11 tahun harus disambut positif,” ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Dijelaskan, vaksinasi umur 6 tahun-11 tahun di daerah yang cakupan imunisasi satu kali usia produktif minimal 70% dan lansia minimal 60%, vaksin yang akan diberikan juga aman dan bermanfaat. 

”Tentunya vaksin telah melalui berbagai uji klinis, mendapatkan EUA (Emergency Use Authorization) dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), serta telah melalui kajian ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization). Vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap Covid-19 berdasarkan hasil uji klinik pada kelompok umur tersebut,” paparnya. 

Ia juga menjelaskan bahwa efek samping atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) sangat jarang dan tidak berbahaya. Beberapa efek samping tersebut, di antaranya nyeri di bekas suntikan, bengkak, demam, pusing, lesu, yang akan hilang dalam satu hingga dua hari. 

“Kalau demam, beri obat demam, banyak minum. Kalau nyeri, bisa diberikan obat nyeri atau di kompres, kemudian istirahat,” ujarnya.

Alasan pentingnya vaksinasi bagi kelompok usia 6 tahun-11 tahun, di antaranya kelompok usia tersebut harus belajar tatap muka, sehingga berisiko menularkan bagi diri sendiri, sesama murid, guru, orang tua dan lansia di rumah.

”Mempertimbangkan kemungkinan rendahnya kepatuhan anak dalam memakai masker tidak longgar dan melorot, tidak berkerumun, menjaga jarak, juga mencuci tangan. Vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap Covid-19 pada kelompok umur tersebut,” kata dia seraya menambahkan, bagi anak-anak yang akan menjadi peserta vaksinasi, dalam pelaksanaannya, peserta vaksinasi diwajibkan untuk membawa Kartu Keluarga atau dokumen yang mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak.(nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait