Program Diversifikasi, Disbunnak Siapkan Bantuan 2.750 Bibit Cengkeh-Lada 

Rabu 26-01-2022,16:49 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar tahun ini menyiapkan bantuan bibit tanaman cengkeh dan lada sebanyak 2.750 batang untuk kelompok tani (Poktan) melalui program diversifikasi tanaman kopi perkebunan.

Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, S.I.P mengatakan, bantuan bibit sebanyak 2.750 batang itu rinciannya bibit cengkeh sebanyak 250 batang dan bibit lada sebanyak 2.500 batang.

“Bantuan tanaman cengkeh dan lada tersebut rencananya akan dialokasikan untuk tiga kelompok tani,” kata Yudha.

Sejauh ini, kata Yudha, pihaknya belum menetapkan penerima bantuan bibit cengkeh dan lada tahun 2022 karena akan dilakukan CPCL (Calon penerima, calon lokasi). 

“Kalau proposal sudah ada yang masuk namun kita akan turun kelapangan untuk melakukan CPCL,” tegasnya.

Dikatakannya, tanaman bibit cengkeh dan lada tersebut akan ditanam disela sela tanaman kopi milik petani dan tujuan pemberian bantuan dalam rangka meningkatkan penghasilan petani. 

“Bantuan bibit ini bersumber dari APBD Lambar tahun 2022. Jadi diharapkan selain panen kopi, pada saat musim paceklik petani juga bisa panen lada dan cengkeh sehingga pendapatan mereka meningkat dan petani hidup sejahtera,” pungkas dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait