Enam Siswa Asal Lambar Bakal Terima Beasiswa 

Selasa 25-08-2020,19:18 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemkab Lambar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tahun ini menyiapkan beasiswa untuk anak-anak Lambar yang diterima di jurusan seni pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan kuota yang disiapkan sebanyak 10 orang.

Kabid Kebudayaan Riadi Andrianto, S.H mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M mengatakan, sejauh ini sudah ada enam siswa yang diterima di Universitas Lampung (Unila) yaitu Refi Adesa Dewi asal SMAN 1 Waytenong jurusan pendidikan seni musik, Holmes Bastiar Sinaga asal SMAN 1 Liwa jurusan pendidikan musik, Rully Nurdagidsu asal SMAN 1 Sukau jurusan  pendidikan musik, Bayu Rizki Irawan asal SMAN 1 Waytenong jurusan pendidikan musik, Ahmad Rifanza asal  SMAN 1 Waytenong dengan jurusan pendidikan musik, serta Roberto Alpiano asal SMAN 1 Belalau jurusan pendidikan musik. 

“Dari enam siswa yang diterima di PTN Unila tersebut, dua orang lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  yaitu atas nama Refi Adesa Dewi dan Ahmad Rifanza, sedangkan empat orang lulus  melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yaitu Holmes Bastiar Sinaga, Rully Nurdagidsu, Bayu Rizki Irawan, serta Roberto Alpiano,” kata Riadi, Selasa (25/8).

Riadi mengatakan, program beasiswa tersebut merupakan bagian dari peningkatan manajemen pelayanan pendidikan serta pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan. Tujuannya membantu masyarakat mewujudkan impian untuk bisa berkuliah khususnya di jurusan seni, yang nantinya diharapkan bisa mengabdikan diri dan mengembangan budaya yang ada di Lambar serta menciptakan insan-insan pelaku seni budaya yang cakap secara akademis dan bakat guna mewujudkan Lampung Barat sebagai Kota Budaya.

”Program ini juga merupakan upaya pemerintah agar seni budaya yang ada di daerah terus berkembang. Tentunya bisa terus dilestarikan. Terlebih Lambar merupakan daerah asal muasal suku Lampung, kaya akan seni budaya,” imbuhnya. 

Adapun syarat penerima beasiswa, lanjut Riadi, merupakan anak-anak lulusan SMA sederajat di kabupaten setempat, lulusan dalam seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Harus lulusan Lambar dan lolos seleksi tahun ini, kemudian kuotanya terbatas yakni hanya sepuluh orang, kemudian perlu diketahui biaya yang akan diberikan yakni hanya biaya semester saja," pungkas dia seraya menambahkan dengan adanya program beasiswa ini diharapkan dapat membantu anak-anak Lambar khususnya yang diterima kuliah di jurusan seni pada PTN. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait