Duta Bahasa Provinsi Lampung Asal Lambar Raih Beasiswa Belajar ke US

Senin 28-06-2021,18:41 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Masyarakat Kabupaten Lambar patut berbangga. Pasalnya, Vina Qurotta 'Akyuningrum Puteri asal Pemangku Negara Batin Pekon Lombok Kecamatan Lumbok Seminung Lampung Barat, mahasiswi Universitas Teknokrat Indonesia Program Pendidikan Bahasa Inggris mewakili Provinsi Lampung menjadi finalis pertukaran pelajar bersama 11 mahasiswa lainnya yang berasal dari Manado, Pontianak, Papua Barat, Jawa Timur, Bali, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Aceh dan Bogor ke USA (United States of America) melalui program Global UGRAD.

“Kita patut bangga karena putri asal Kabupaten Lambar mewakili Provinsi Lampung terpilih sebagai finalis pertukaran pelajar untuk di kirim ke US melalui program Global UGRAD. Pemberitahuan Vina masuk menjadi 12 finalis disampaikan pada tanggal 23 Juni lalu,” ungkap Kabid Kebudayaan Riyadi Andrianto, S.H mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd, M.M.

Menurut Riyadi, berita gembira ini tentunya merupakan penantian panjang setelah melalui tahapan-tahapan yang cukup membutuhkan persiapan ekstra, dari pembuatan essay, wawancara dan test Toefl.

“Saat ini untuk persiapan keberangkatan Vina sedang secara mandiri melengkapi pemberkasan diantaranya medical check up dan vaksinasi Covid-19,” kata Riyadi.

Lanjut dia, Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) merupakan salah satu program beasiswa yang disponsori oleh US Department Of State dan dikelola oleh World Learning. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa/mahasiswi jenjang studi Strata Satu (S-1) dari berbagai negara untuk berkuliah selama 1-2 semester di universitas-universitas di Amerika Serikat.

“Untuk lamanya dan tempat Vina belajar di US masih menunggu informasi lebih lanjut. Sementara pemberangkatan akan dilaksanakan awal tahun 2022 mendatang,” kata dia

Prestasi ini melengkapi prestasi-prestasi sebelumnya yang diraih oleh Vina di antaranya yaitu juara 1 Nasional Speech Competition - English Festival - UBM – 2021, Duta Pemuda Lampung - Dispora Lampung – 2020, Delegasi Lampung dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia- Kemenpora -2020, juara harapan 1 karya tulis ilmiah - OJK – 2020. Kemudian, pemenang kostum terbaik dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung Kantor Bahasa Provinsi Lampung 2020, juara 2 Lomba Pidato Bahasa Inggris dalam kegiatan English Proficiency Award – Polinela, juara 4 lomba Berbalas Pantun - Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

“Sebagai Duta Bahasa dengan prestasi-prestasi lainnya diharapkan Vina menjadi pemuda yang bisa diberdayakan memberi pencerahan dan menularkan tips-tips berprestasi bagi kalangan milenial di Lampung Barat, diharapkan juga sebagai duta budaya yang dapat memperkenalkan kekayaan budaya Lampung Barat, Lampung dan Indonesia di US,” pungkas dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait