Dukung UMKM di Lambar, Parosil Serahkan Sejumlah Bantuan 

Senin 18-10-2021,17:39 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus menyerahkan bantuan alat industri, sarana perdagangan dan bantuan sosial (Bansos) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pendopo Lingkungan Lamban Dinas Bupati Lambar, Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balikbukit, Senin (18/10).

Tampak hadir Wakil Bupati Lambar, Drs. Mad Hasnurin, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Mulyono, S.H, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Ir. Sugeng Raharjo, M.P, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Padang Priyo Utomo, SH. Instansi Vertikal, Kepala Cabang Bank Lampung Liwa.

Adapun bantuan yang diberikan melalui program perencanaan dan pengembangan industri berupa Bantuan Peralatan Industri (IKM) sebanyak 32 unit yang terdiri dari dua unit coffee rousting, tiga unit mesin jahit, empat unit mesin bordir, satu unit pemanggang ikan, lima unit perajang keripik, empat unit alat membatik, satu unit mesin pengupas kedelai, 10 unit sealer, satu unit unit alat pemotong kayu (mini chainsaw), satu unit alat pemotong kayu (circle).

Selain itu, ada juga bantuan yang diberikan dari program peningkatan sarana distribusi perdagangan berupa pengadaan gerobak dagang sebanyak 45 unit yang diperuntukkan kepada para pedagang mandiri. Kemudian, bantuan yang diberikan dari program pemberdayaan UMKM yaitu bantuan sosial bagi UMKM berupa uang tunai sebesar Rp500.000,- untuk 200 UMKM. Bantuan uang tunai tersebut langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima melalui Bank Lampung Cabang Liwa.

Bupati Lambar, Hi. Parosil Mabsus mengungkapkan, bantuan yang diberikan oleh Pemkab Lambar melalui Diskoperindag ini merupakan salah satu upaya mendorong untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat. “Saya berpesan kepada para penerima, agar memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya,” tegas Parosil.

Sementara Kepala Diskoperindag Ir. Sugeng Raharjo, M.P., mengatakan, bantuan yang diberikan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di bidang permodalan dan sarana perdagangan serta alat produksi menuju UMKM yang Hebat dan Sejahtera.

“Bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui program pada Dinas Koperindag yang merupakan aktualisasi misi ke-3 Bupati dan Wakil Bupati Lambar, yaitu meningkatkan perekonomian yang berorientasi pada Agrobisnis dan Agrowisata Berbasis Sumber Daya Lokal,” pungkas Sugeng. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait