Dukung Program Kerja Mahasiswa Kedokteran, Puskesmas Batubrak Beri Pelayanan Gratis

Kamis 03-02-2022,15:23 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – UPT Puskesmas Batubrak, Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Lampung menggelar pelayanan kesehatan gratis yang menjadi program kerja dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Negeriratu Kecamatan setempat, Kamis (3/2).

Kepala UPT Puskesmas Batubrak, Nezwan S.K.M, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk dukungan penuh terhadap program kerja mahasiswa KKN Unila di wilayah kerja Puskesmas Batubrak.

“Jadi dalam pelayanan ini kami dan adik-adik mahasiswa KKN unila dari fakultas kedokteran ini memberikan pelayanan diantaranya pengobatan gratis untuk masyarakat umum hingga penyuluhan empat pilar terkait sanitasi berbasis masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, terus Nezwan, sosialisasi dan pelayanan terkait vaksinasi serta mengedukasi masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19 terutama varian omicron yang kini tengah menjadi ancaman baru.

“Jadi kami tekankan ke masyarakat bahwa Covid-19 belum berakhir, bahkan ada varian terbaru yaitu omicron dan ini harus diwaspadai dengan tetap disiplin prokes serta mengikuti vaksinasi yang diprogramkan pemerintah secara gratis,” pesan Nezwan.

Secara teknis, terusnya, program pelayanan kesehatan itu dilaksanakan di dua pekon yaitu selain Pekon Negeri Ratu akan dilaksanakan di Pekon Gunungsugih tepatnya pada wilayah yang menjadi penempatan mahasiswa kedokteran.

“Pelayanan kesehatan ini akan berlanjut di Pekon Gunungsugih pada Senin (7/2) mendatang, dan kegiatan ini hanya dilaksanakan pada wilayah yang menjadi penempatan mahasiswa fakultas kedokteran, sehingga untuk masyarakat kami mengajak agar dapat memanfaatkan pelayanan ini,” ajaknya.

Disisi lain Nezwan menambahkan selain menjadi program kerja mahasiswa KKN, pihaknya juga memiliki program pelayanan kesehatan gratis yang sama yaitu puskesmas keliling. Dimana pada program ini, pihaknya menjangkau wilayah-wilayah terpencil untuk mendekatkan akses kesehatan secara gratis.

“Jadi kegiatan ini bukan kebetulan menjadi program kerja mahasiswa KKN saja, tapi kita sudah ada program rutin yaitu pusling, dan bentuk pelayanannya sama berupa pengobatan dan konsultasi secara gratis,” pungkasnya.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait