Besok, Disporapar Lambar akan Gelar Seleksi Paskibraka

Jumat 11-03-2022,16:19 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar akan menggelar kegiatan seleksi paskibraka tingkat Kabupaten Lambar tahun 2022, di GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu, Sabtu-Minggu (12-13/3).

“Selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, kita akan menggelar pembukaan seleksi Paskibraka tingkat kabupaten. ungkap Sekretaris Disporapar Burlianto Eka Putra, S.H mendampingi Kepala Disporapar Drs. Nukman, M.M, Jumat (11/3).

Dijelaskannya, seleksi paskibraka ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk melaksanakan tugas menaikkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022 serta mengenang kembali perjuangan para penjajah untuk mewujudkan Pemuda Lampung Barat Hebat.

Dikatakan Burlianto, seleksi paskibraka tahap awal adalah tes kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, tensi dan yang terkait kesehatan lainnya. 

Kemudian Kesamaptaan yaitu terkait fisik adik-adik calon paskibraka, wawancara pengetahuan umum, talenta terkait kesenian dan budaya.

Lalu tes tertulis terkait pengetahuan umum, sejarah, UUD 1945, Pancasila dan Bahasa Inggris, serta Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Tim seleksi akan memilih anggota sebanyak 25 pria dan 25 wanita dari jumlah peserta sebanyak 250 orang yang berasal dari siswa-siswi SMA sederajat yang ada di Kabupaten Lambar,” ucapnya

Ia mengatakan, tujuan dari seleksi anggota Paskibraka ini adalah untuk menyaring dan memilih anggota Paskibraka yang benar-benar mampu menjalankan tugasnya sebagai Pasukan Pengibar Bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 ini. 

Tujuan yang lain adalah dalam upaya menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, nasionalisme dan patriotisme para peserta.

Burlianto berharap pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Lampung Barat tahun 2022 berjalan sukses.

Dan dari hasil seleksi ini diharapkan terdapat pemuda Lampung Barat yang berhasil dan mewakili Kabupaten Lampung Barat menjadi petugas pengibar bendera pada HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 di Provinsi Lampung atau bahkan menjadi Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait