196 Calon Peratin akan Deklarasi Bersama Rabu Depan

Kamis 03-02-2022,16:13 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (DPMP) setempat akan menghadirkan seluruh calon peratin pada Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak 2022 untuk melakukan deklarasi bersama, yang akan dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balikbukit, Rabu (9/2) mendatang. 

Kabid Pemerintahan Pekon pada DPMP Lambar Ruspel Gultom mengatakan, seluruh calon peratin dari 60 pekon yang akan menyelenggarakan Pilratin serentak pada 23 Februari mendatang dengan jumlah keseluruhan sebanyak 196 orang diwajibkan hadir dalam deklarasi tersebut. 

"Deklarasi akan dilaksanakan di GOR Aji Saka, tujuan dari deklarasi ini adalah agar para calon peratin sama-sama bisa menciptakan Pilratin yang aman dan damai," ungkap Ruspel, seraya menambahkan calon peratin diminta datang dengan pakaian baju kemeja putih panjang, celana hitam dan menggunakan kopiah hitam. 

Sementara itu, disinggung terkait dengan adanya kecamatan yang telah lebih dulu melaksanakan deklarasi Pilratin damai, menurut Ruspel, itu tidak menjadi soal, dan untuk deklarasi tingkat kabupaten tetap harus hadir. 

"Memang rata-rata sudah ada deklarasi tingkat kecamatan, namun karena ini deklarasi tingkat kabupaten jadi seluruh calon peratin harus tetap hadir," kata Ruspel menambahkan. 

Untuk materi deklarasi, kata dia, antara lain calon peratin menyatakan siap mensukseskan pelaksanaan pilpratin serentak dengan taat aturan dan tahapan pemilihan peratin serentak tahun 2022 sesuai peraturan perundang-undangan, turut bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban pada setiap tahapan pilpratin serentak tahun 2022, jujur adil demokrasi dan tidak akan melakukan money politik, santun, sportif dan berakhlak mulia. 

"Tidak akan melakukan diskriminasi terhadap panitia dan masyarakat, siap terpilih ataupun tidak terpilih serta siap menerima hasil keputusan seluruh proses tahapan pilpratin serentak tahun 2022 dan siap menerima dan mendukung terhadap siapapun calon peratin yang terpilih secara sah sesuai peraturan perundang-undangan," pungkasnya. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait