Sekkab Jalaludin : Pelaksanaan BIAN Harus Sukses

Kamis 19-05-2022,20:06 WIB
Reporter : Yogi Astrayuda
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id — Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan rapat bulan imunisasi anak nasional (BIAN) yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (19/5).

Hadir dalam kesempatan itu Plt. Sekkab Pesbar, Ir. Jalaludin, M.P., Kadikes Pesbar, Tedi Zadmiko, S. Km., Ketua TP-PKK Pesbar Hj. Septi Istiqlal., perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kantor Kementerian Agama Pesbar.

Dalam kesempatan itu, Jalaludin menyampaikan agar seluruh OPD terkait dapa mendukung dan mensosialisasikan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), sehingga diketahui masyarakat secara luas.

“Kegiatan ini akan menyasar anak usia sembilan bulan hingga 12 tahun, terdapat dua jenis vaksinasi yang akan dilakukan yakni imunisasi kejar dengan rentan usia satu tahun hingga lima tahun dan imunisasi tambahan dengan usia sembilan bulan sampai 12 tahun,” kata dia.

Dijelaskannya, seluruh OPD seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan dan Kantor Kemenag Pesbar harus berkoordinasi terkait pelaksanaan vaksinasi itu terutama yang menyasar kalangan pelajar.

“Saya berharap Disdik dan Kemenag dapat berkoordinasi dengan Dinkes terkait persiapan pelaksanaan imunisasi itu, begitu juga dengan Dinas Kominfo agar dapat menyebarluaskan informasi ini,” jelasnya.

Menurutnya, pelaksanaan imunisasi itu sangat penting bagi anak-anak, hal itu karena penyakit sekarang ini sangat sulit terdeteksi, jadi harus dilakukan pencegahan sedini mungkin.

“Saya minta semua pihak yang terlibat mendukung kegiatan ini secara penuh sehingga pelaksanaanya dapat sukses,” harapnya.

Sementara itu, Kadiskes Pesbar Tedi Zadmiko, S. Km., menyampaikan jumlah sasaran imunisasi kejar terdapat 3.812 orang, kemudian imunisasi tambahan tercatat 32.071 orang.

 

“Dalam pelaksanaan imunisasi kejar itu vaksin yang diberikan seperti OPV, IPV, DPT-HB-HIB, sedangkan untuk imunisasi tambahan menggunakan vaksin MR untuk campak dan rubella,” imbuhnya singkat.(ygi/d1n/mlo)

Tags : #bian 2022
Kategori :