AgenBRILink Jangkau 67 Ribu Desa, Bukti Nyata Inklusi Keuangan dari BRI

AgenBRILink Jangkau 67 Ribu Desa, Bukti Nyata Inklusi Keuangan dari BRI

AgenBRILink jadi ujung tombak BRI perluas inklusi keuangan di wilayah 3T--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Di tengah percepatan digitalisasi sektor keuangan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan perannya sebagai motor penggerak inklusi keuangan nasional. 

Melalui layanan unggulan hybrid banking, BRI berhasil menghadirkan solusi perbankan menyeluruh yang menggabungkan kecanggihan teknologi dengan jaringan fisik yang luas.

Salah satu senjata utama BRI dalam memperluas akses layanan keuangan ke seluruh penjuru negeri adalah AgenBRILink. 

Layanan ini tidak hanya menjadi jembatan antara masyarakat dan sistem perbankan, tetapi juga bertransformasi menjadi penggerak ekonomi mikro di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

BACA JUGA:Casa Grata: Dari Camilan Lokal ke Panggung Ekspor Berkat Dukungan BRI

Dengan pendekatan yang inklusif dan adaptif, BRI telah membentuk lebih dari 1,19 juta AgenBRILink yang tersebar di 67.013 desa. Sepanjang Januari hingga Mei 2025, jaringan ini mencatatkan 443 juta transaksi finansial. 

Angka ini bukan hanya mencerminkan kepercayaan masyarakat, tapi juga efisiensi tinggi dari sistem keagenan BRI yang terus diperkuat dari sisi teknologi dan layanan.

Lebih dari sekadar kanal perbankan, AgenBRILink menghadirkan beragam layanan penting seperti tarik tunai, transfer antarbank, pembayaran tagihan, hingga pembelian asuransi mikro dan setoran pinjaman. 

Bahkan, masyarakat kini bisa membuka rekening tabungan dan mengakses layanan mikrofinansial lainnya langsung dari agen.

BACA JUGA:KUR BRI 2025, Skema Pinjaman yang Ringan, Syarat Mudah, dan Fokus untuk UMKM

Menurut Direktur Utama BRI, Hery Gunardi, peran strategis AgenBRILink tidak lepas dari berbagai inisiatif dan inovasi yang konsisten dilakukan oleh BRI. 

Salah satunya adalah penguatan infrastruktur digital dan sistem keamanan transaksi yang andal, memungkinkan masyarakat menikmati layanan keuangan dengan aman dan nyaman, tanpa harus datang ke kantor cabang.

“BRI akan terus memperkaya fitur layanan AgenBRILink agar para agen mampu memberikan solusi keuangan lengkap kepada masyarakat. Kami ingin layanan ini bukan hanya mempermudah transaksi, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat desa,” ujar Hery.

Dari sisi kontribusi bisnis, AgenBRILink menyumbang Fee Based Income (pendapatan non-bunga) sebesar Rp643 miliar kepada BRI dalam lima bulan pertama 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: