Penumpang Naik 10 Persen, KAI Tetap Komitmen Operasikan KA PSO

Penumpang Naik 10 Persen, KAI Tetap Komitmen Operasikan KA PSO

Penumpang Naik 10 Persen, KAI Tetap Komitmen Operasikan KA PSO--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Jumlah penumpang kereta api di Divre IV Tanjung Karang mengalami peningkatan sebesar 10% pada Januari 2025.

Total 97.262 penumpang tercatat menggunakan layanan KAI pada periode tersebut, naik dari 88.158 penumpang di Januari 2024.

Kenaikan ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap kereta ekonomi bersubsidi (Public Service Obligation/PSO) yang tetap mengutamakan kenyamanan dan keamanan perjalanan.

Selain itu, perjalanan KA PSO juga didukung oleh On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu yang tinggi, sehingga semakin diminati sebagai moda transportasi pilihan.

BACA JUGA:Pasca Penertiban, Polisi Lakukan Pengamanan di Lahan Sukarame Baru

Sebagai bagian dari komitmen dalam menyediakan layanan transportasi yang terjangkau dan berkualitas, KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub tetap mengoperasikan KA PSO di Divre IV Tanjung Karang.

Saat ini, dua KA PSO jarak jauh yang beroperasi di wilayah tersebut adalah:

1.KA Ekspres Rajabasa (relasi Kertapati – Tanjung Karang PP)

2. KA Kuala Stabas (relasi Baturaja – Tanjung Karang PP)

BACA JUGA:Rahmawati Herdian Bersama BGN Lakukan Sosialisasi Program Makan Bergizi Gratis

Sepanjang tahun 2024, kedua KA ini mencatat total 1.094.578 penumpang.

"Saat ini kami sedang dalam proses perizinan untuk penambahan rangkaian pada KA Rajabasa, dari yang sebelumnya lima kereta menjadi tujuh atau delapan kereta. Rencana ini diharapkan terealisasi pada masa Angkutan Lebaran 2025," ujar Manager Humas Divre IV Tanjung Karang, Azhar Zaki Assjari, Sabtu, 15 Februari 2025.

Sejak diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 pada 1 Februari lalu, OTP keberangkatan kereta api penumpang di Divre IV hingga 12 Februari mencapai 100%, sedangkan OTP kedatangan berada di angka 90%. Beberapa jadwal kedatangan juga mengalami penyesuaian dan efisiensi waktu sekitar 10-15 menit.

Zaki menegaskan bahwa layanan KA PSO merupakan bentuk dukungan KAI terhadap perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: