Lebih Dari 19 Ribu Penumpang Gunakan Kereta Api Selama Long Weekend Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek

Lebih Dari 19 Ribu Penumpang Gunakan Kereta Api Selama Long Weekend Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek--
MEDIALAMPUNG.CO.ID – Selama libur panjang (long weekend) Isra Mi’raj, cuti bersama, dan Tahun Baru Imlek yang berlangsung pada 24-27 Januari 2025, jumlah penumpang kereta api di wilayah Divisi Regional IV (Divre IV) Tanjung Karang mencapai 19.485 orang.
Dalam periode tersebut, PT KAI Divre IV menyediakan 13.656 tempat duduk, namun terjadi lonjakan penumpang sebesar 43% dibandingkan kapasitas kursi yang tersedia. Hal ini terjadi karena adanya naik-turun penumpang di stasiun antara atau perjalanan parsial.
Manager Humas Divre IV Tanjung Karang, Azhar Zaki Assjari, mengungkapkan bahwa puncak tertinggi jumlah penumpang terjadi pada Rabu 29 Januari 2024, dengan total 3.550 orang yang bepergian ke berbagai daerah.
“Stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi adalah Stasiun Tanjung Karang dengan 5.694 penumpang, disusul Stasiun Kotabumi sebanyak 3.853 penumpang, dan Stasiun Baturaja dengan 3.536 penumpang,” jelas Zaki, Kamis, 30 Juni 2025.
BACA JUGA:Polda Lampung Perketat Pengamanan Tradisi Berbagi Angpao di Teluk Betung
BACA JUGA:Pelantikan Wali Kota Bandar Lampung Akan Dilakukan di Istana Presiden
Ia juga menambahkan bahwa selama libur panjang ini, jumlah penumpang mengalami kenaikan rata-rata 10% dibandingkan dengan akhir pekan biasa.
Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, Stasiun Tanjung Karang menggelar atraksi Barongsai yang dibawakan oleh Team Hakka Metta Sarana Long De Xin pada Rabu 29 Januari 2025. Pertunjukan ini dihadirkan untuk menyapa pelanggan KA Kualastabas dan KA Rajabasa.
Selain menghibur penumpang dan pengantar, kegiatan ini juga diisi dengan pembagian souvenir bagi pelanggan yang menggunakan aplikasi Access by KAI, serta pemberian coklat dan kue keranjang sebagai bentuk apresiasi.
“Kami ingin memberikan pengalaman yang berkesan bagi penumpang. Selain menikmati hiburan Barongsai, pelanggan juga bisa berinteraksi langsung dengan pertunjukan ini,” ujar Zaki.
BACA JUGA:Tim Jibom Satbrimob Polda Lampung Sterilisasi Vihara Prioritas di Bandar Lampung
Untuk memperkuat nuansa perayaan, Stasiun Tanjungkarang juga dihias dengan ornamen khas Imlek, sementara petugas frontliner yang melayani penumpang mengenakan busana tradisional Tionghoa.
“Kami berharap seluruh pelanggan KA merasakan suasana perayaan yang lebih hangat dan meriah. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi PT KAI Divre IV kepada pelanggan setia yang telah mempercayakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan selama libur panjang ini,” pungkas Zaki.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: