Google Melacak Aktivitasmu, Begini Cara Menghentikannya

Google Melacak Aktivitasmu, Begini Cara Menghentikannya

ILUSTRASI: Privasi di dunia digital bukan hal mustahil. Ikuti cara mudah agar Google berhenti melacak aktivitasmu-freepik.com-

Di Chrome, klik tiga titik di sudut kanan atas untuk masuk ke menu. Pilih "Settings", lalu ke "Privacy & Security" dan pilih "Clear browsing data". Pilih rentang waktu dan data yang ingin dihapus, lalu klik "Clear data". Jika Chrome diatur untuk sinkronisasi, ini juga akan menghapus data dari perangkat lain yang tersinkronisasi.

2. Menghapus Riwayat di Mozilla Firefox

Masuk ke menu dengan mengklik tiga garis horizontal di pojok kanan atas, pilih "Settings" > "Privacy & Security". Di bawah bagian "Cookies & Site Data", pilih opsi untuk menghapus semua data atau data tertentu yang kamu inginkan.

3. Menghapus Riwayat di Safari

Bagi pengguna Safari, buka menu dan pilih "Clear History". Tentukan rentang waktu yang ingin kamu hapus, lalu klik "Clear History". Namun, perlu dicatat bahwa Safari akan menghapus semua jenis data, termasuk cookies dan cache.

4. Menghapus Riwayat di Microsoft Edge

Di Edge, klik tiga titik di kanan atas dan pilih "Settings". Pada menu "Privacy", pilih "Clear browsing data" dan tentukan data apa saja yang ingin dihapus. Klik "Clear Now" untuk mengonfirmasi.

5. Menghapus Riwayat di Opera

Klik ikon "Settings" di bilah alamat, pilih "Privacy & Security", dan klik "Clear browsing data". Kamu bisa memilih jangka waktu dan jenis data yang ingin dihapus, lalu klik "Clear Data".

 

Menjaga privasi di era digital memang bukan hal yang mudah. 

Google memiliki banyak data pribadi tentang kita, dari hal-hal kecil seperti video yang sering ditonton hingga informasi pribadi seperti lokasi tempat tinggal. 

Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengontrol seberapa banyak data yang ingin dibagikan dengan Google. 

Jadi, apakah kamu siap menjaga privasi lebih baik lagi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: