Layanan Adminduk Terintegrasi Lampung Utara Permudah Akses Dokumen Kependudukan

Layanan Adminduk Terintegrasi Lampung Utara Permudah Akses Dokumen Kependudukan

Kepala Disdukcapil Lampung Utara, Maryadi, menyerahkan dokumen kependudukan kepada salah satu pasien yang telah melahirkan di Praktik Mandiri Bidan Yuli Caturini-Foto Hasan -

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selama 11 hari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara memberikan layanan Adminduk Terintegrasi dan Pemanfaatan NIK (Nomor Induk Kependudukan). 

Program ini dinilai sebagai langkah masuk ke era baru dalam layanan kependudukan, karena mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan dokumen-dokumen penting seperti akta kelahiran.

Pada tanggal 7 Oktober 2024, Pemkab Lampung Utara resmi menandatangani kerjasama Adminduk Terintegrasi dengan berbagai instansi, seperti BPJS Kesehatan Kotabumi, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan. 

Kerjasama ini mempermudah akses layanan publik berbasis NIK, sehingga masyarakat tidak perlu lagi repot mengurus dokumen secara terpisah.

BACA JUGA:Polres Lampung Utara Gelar Napak Tilas dan Penyucian Tunggul Kesatuan Wira Bhakti Bumi Ragem Tunas

Menurut Kepala Disdukcapil Lampung Utara, Maryadi, salah satu tujuan dari layanan ini adalah untuk memudahkan bayi yang baru lahir langsung mendapatkan akta kelahiran dari rumah sakit atau bidan tempat mereka dilahirkan. 

"Dulu, untuk mengurus akta kelahiran harus bolak-balik ke beberapa tempat, tapi sekarang lebih mudah. Baik di puskesmas atau bidan, bayi bisa langsung mendapatkan akta kelahiran," jelas Maryadi, Jumat, 18 Oktober 2024.

Fasilitas kesehatan yang sudah berpartisipasi dalam kerjasama ini antara lain RSUD HM Ryacudu, Rumah Sakit Maria Regina, Rumah Sakit Medika Insani, serta Praktik Mandiri Bidan Yuli Caturini. 

Maryadi berharap layanan ini bisa diikuti oleh semua puskesmas dan bidan di Lampung Utara agar setiap bayi yang lahir bisa langsung memiliki dokumen identitas yang lengkap.

BACA JUGA:Anggota DPRD Lampung Utara Daniel Priya Dinata Soroti Kondisi Jalan Provinsi yang Rusak

Dengan adanya layanan Adminduk Terintegrasi dan Pemanfaatan NIK, masyarakat di Lampung Utara kini tidak perlu lagi khawatir tentang proses birokrasi yang rumit. 

Program ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan dokumen-dokumen kependudukan dengan lebih cepat dan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: