Hati-Hati, KAI Akan Tingkatkan Kecepatan Maksimal Perjalanan Kereta Api Babaranjang

Hati-Hati, KAI Akan Tingkatkan Kecepatan Maksimal Perjalanan Kereta Api Babaranjang

Hati-Hati, KAI Akan Tingkatkan Kecepatan Maksimal Perjalanan Kereta Api Babaranjang--

"Angkutan batu bara mendominasi dengan total 40.828.696 ton, atau sekitar 80 persen dari keseluruhan angkutan barang KAI. Pengangkutan batu bara ini lebih banyak terpusat di wilayah Sumatera bagian selatan untuk mendukung pasokan energi nasional. Divre IV Tanjungkarang sendiri menyumbang lebih dari 50 persen dari total pengangkutan batu bara tersebut," jelas Zaki.

Zaki juga menambahkan bahwa angkutan barang menggunakan kereta api memiliki sejumlah keunggulan, seperti ketepatan waktu, keamanan, kapasitas besar, bebas pungutan liar, serta dikelola oleh sumber daya manusia yang profesional.

BACA JUGA:Hadiri Muscab Pertuni Bandar Lampung, Jihan Nurlela Komitmen Angkat Derajat Kaum Disabilitas

Salah satu kelebihan kereta api adalah kapasitas angkutnya yang sangat besar, di mana satu gerbong dapat mengangkut 50 ton, setara dengan dua truk kontainer.

Di Sumatera bagian selatan, satu rangkaian KA angkutan batu bara bisa menarik 61 gerbong, atau setara dengan 3.000 ton barang. Jika diangkut menggunakan truk, dibutuhkan sekitar 120 truk.

"Angkutan barang dengan kereta api tentu mendukung efisiensi biaya logistik, mengurangi kemacetan, polusi, serta kerusakan jalan. Ini adalah kontribusi KAI dalam meningkatkan daya saing ekonomi global," tutup Zaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: