Rilis iPhone 16 Series di Indonesia Terancam Ditunda, Ini Penyebabnya

Rilis iPhone 16 Series di Indonesia Terancam Ditunda, Ini Penyebabnya

Aplle terancam batal merilis iPhone 16 series di Indonesia pada awal Oktober 2024--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Para penggemar iPhone di Indonesia harus lebih bersabar menanti kehadiran iPhone 16 series.

Hingga awal Oktober 2024, belum ada tanda-tanda bahwa iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, atau iPhone 16 Pro Max akan segera diluncurkan di Tanah Air. 

Hal ini disebabkan oleh belum adanya sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), yang menjadi syarat utama untuk memasarkan produk telekomunikasi di Indonesia.

Menurut Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif, hingga saat ini Apple belum mengajukan permohonan sertifikasi TKDN untuk iPhone 16 series. 

Febri menambahkan bahwa Apple saat ini sedang dalam proses pengajuan Proposal Pengembangan Inovasi melalui sektor pembina di Kemenperin. 

Sertifikasi TKDN ini sangat penting untuk memastikan produk yang masuk ke Indonesia memiliki komponen lokal yang cukup, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

 

Skema TKDN Apple: Pengembangan Inovasi

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah menggunakan skema pengembangan inovasi untuk memenuhi persyaratan TKDN di Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Pasal 35 Permenperin No. 29/2017, yang memungkinkan perusahaan teknologi seperti Apple untuk menggunakan nilai inovasi sebagai bagian dari perhitungan TKDN. 

Skema ini mengharuskan perusahaan untuk mengajukan proposal yang berfokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam negeri, serta membangun infrastruktur pendidikan yang mendukung inovasi.

Salah satu contoh nyata dari komitmen Apple dalam hal ini adalah pembangunan Apple Developer Academy

Saat ini, Apple telah mendirikan tiga akademi di Indonesia, yaitu di BSD Tangsel, Batam, dan Surabaya, dengan rencana tambahan di Bali pada tahun depan. 

Akademi ini bertujuan untuk melatih para pengembang aplikasi lokal, sebagai bagian dari investasi jangka panjang Apple di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: