Cara Makan Buah Kurma yang Benar Menurut dr. Zaidul Akbar

Cara Makan Buah Kurma yang Benar Menurut dr. Zaidul Akbar

Cara Makan Buah Kurma yang Benar Menurut dr. Zaidul Akbar--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kurma merupakan buah dari tanaman palma yang berasal dari kawasan Timur Tengah dengan iklim tropis dan padang pasir. Buah ini memiliki rasa manis dan digemari banyak orang karena berbagai manfaat kesehatannya, terutama bagi saluran pencernaan.

Kurma juga dikenal baik untuk memperkuat sistem saraf, meningkatkan kesehatan jantung, serta mendukung kesehatan mata. Selain itu, buah ini merupakan sumber serat, kalium, dan kalsium yang kaya.

Namun, apakah benar bahwa kurma harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan?

dr. Zaidul Akbar, yang dikenal melalui konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) dengan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan, memberikan penjelasan terkait hal ini. 

BACA JUGA:Resep Ceker Mercon Pedes Gurih yang Bikin Nagih!

"Betulkah jika kurma harus dicuci dulu sebelum dikonsumsi?" tanya salah satu jamaah kepada dr. Zaidul Akbar dalam sebuah kajian.

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr. Zaidul Akbar mengungkapkan bahwa dirinya pribadi tidak mencuci kurma sebelum dikonsumsi. 

"Saya pribadi nggak pernah mencuci kurma dulu. Kalau beli kurma, biasanya langsung saja dimakan," jelas dr. Zaidul Akbar.

Ia menambahkan bahwa terutama untuk kurma organik, seperti kurma dengan tangkai atau kurma Tunis (Tunisia), bisa langsung dimakan tanpa perlu dicuci terlebih dahulu.

BACA JUGA:Ajari Anak Menabung Sejak Usia Dini, Bentuk Karakter dan Masa Depan Cerah

"Saya langsung makan saja kurmanya, apalagi yang pakai tangkai seperti kurma Tunis atau kurma ajwa yang organik," ujarnya.

Terkait kekhawatiran akan pestisida pada kurma, dr. Zaidul Akbar menyatakan bahwa informasi tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. 

"Ada beberapa informasi yang mengatakan bahwa kurma diberi pestisida, tapi saya belum tahu detailnya. Wallahu A'lam," katanya.

Kesimpulannya, menurut dr. Zaidul Akbar, secara umum kurma dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu dicuci terlebih dahulu. "Kalau makan kurma nggak dicuci dulu, langsung makan saja," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: