dr. Zaidul Akbar: Mulai Sekarang Kurangi Minum Jus Buah

dr. Zaidul Akbar: Mulai Sekarang Kurangi Minum Jus Buah

dr. Zaidul Akbar: Mulai Sekarang Kurangi Minum Jus Buah--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Konsumsi buah setiap hari memang dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan karena kandungan vitaminnya yang baik untuk tubuh. Namun, dr. Zaidul Akbar justru menyarankan agar mengurangi kebiasaan minum jus buah.

Menurutnya, cara mengkonsumsi buah dapat mempengaruhi manfaat yang diterima oleh tubuh. Salah satu kebiasaan yang masih sering dilakukan adalah mengolah buah menjadi jus atau mencampurkannya dengan berbagai bahan lain agar rasanya lebih segar. 

dr. Zaidul Akbar mengingatkan agar tidak terlalu sering minum jus buah. Alih-alih menyegarkan tubuh, jus buah yang dikonsumsi terlalu sering justru bisa menimbulkan masalah baru.

Berikut penjelasan dr. Zaidul Akbar mengenai alasannya tidak menyarankan konsumsi jus buah terlalu sering.

BACA JUGA:Resep Spaghetti Carbonara yang Creamy dan Mudah Dibuat

dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa salah satu kunci hidup sehat adalah rutin mengkonsumsi buah dan sayuran. Ia merekomendasikan buah alpukat untuk menjaga kesehatan, terutama pencernaan. 

Cara terbaik mengonsumsi alpukat, menurutnya, adalah dengan mengerok daging buahnya dan menambahkan sedikit madu jika diperlukan. Namun, ia tidak menyarankan alpukat diolah menjadi jus. Praktisi kesehatan ini bahkan menyarankan untuk mengurangi konsumsi jus buah secara keseluruhan.

"Tidak perlu di jus, biasakan makan buah dengan cara dikunyah, jangan sedikit-sedikit dibuat jus. Boleh sesekali dijus, tapi saya lebih menyarankan untuk dimakan atau dikunyah langsung," jelasnya.

dr. Zaidul Akbar juga menyebutkan bahwa sering minum jus buah dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama terkait dengan meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

BACA JUGA:Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Menurut dr. Zaidul Akbar

"Jika di jus, kandungan gula dalam buah akan naik," ungkap dr. Zaidul Akbar.

"Misalnya, satu atau dua buah jeruk yang dimakan dengan cara dikunyah akan memiliki dampak yang berbeda dibandingkan jika diolah menjadi jus dengan blender. Nasib gulanya pun berbeda ketika masuk ke dalam tubuh," tambahnya.

"Oleh karena itu, hindari kebiasaan sering minum jus buah. Sesekali boleh, tapi jika buahnya sudah manis, jangan tambahkan gula pasir lagi," tutup dr. Zaidul Akbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: