Memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat, Puskesmas Pugung Tampak Gelar Germas

Memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat, Puskesmas Pugung Tampak Gelar Germas

Kegiatan Germas yang digelar UPTD Puskesmas Pugung Tampak--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pugung Tampak, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Jumat 2 Agustus 2024 melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan di Pekon Negeri Ratu.

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Audi Marpi, M.M., Plt, Kadiskes Pesbar Suryadi, S.Ip., Ketua TP-PKK Pesbar Ny. Septi Istiqlal., Kepala Puskesmas Pugung Tampak dr. Eka Ririn Marantika., Camat, Peratin serta masyarakat Pesisir Utara.

Dalam kesempatan itu, Plt. Kadiskes Pesbar, Suryadi, S.Ip., mengatakan perubahan pola hidup masyarakat yang semakin modern menjadi salah satu dasar Germas dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

“Penyakit menular seperti diare, tuberkulosis hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui. Namun, kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner,” kata dia.

BACA JUGA:Peratin Purawiwitan Wacanakan BUMDes Suplai LPG

Dijelaskannya, Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

“Aksi germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkannya, tujuan germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat. 

Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang.

BACA JUGA:Masyarakat Bandar Lampung Keluhkan Kenaikan Harga Cabai

“Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit,” terangnya.

Dirinya berharap, kegiatan tersebut menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Karena itu, penerapan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian dan lintas sektor memiliki peran penting dalam upaya mensukseskan germas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pugung Tampak, dr. Eka Ririn Marantika., mengatakan dalam pelaksanaan Germas di wilayah Kecamatan Pesisir Utara itu, dilaksanakan sejumlah kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: