Puskesmas Lemong Gelar Germas di Tanjung Jati

Puskesmas Lemong Gelar Germas di Tanjung Jati

Ketua TP-PKK Pesisir Barat Ny. Septi Istiqlal mrnghadiri kegiatan Germas di Pekon Tanjung Jati Lemong--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), Puskesmas Lemong, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Kamis 1 Agustus 2024 mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Pekon Tanjung Jati, Kecamatan Lemong. 

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Audi Marpi, M.M., Plt. Kadis Kesehatan Pesbar, Suryadi, S.Ip., Ketua TP-PKK Pesbar Ny. Septi Istiqlal., Ketua DWP L. Liastuti., Camat Lemong, M. Nursin Chandra., peratin dan masyarakat se-Kecamatan Lemong.

Dalam kesempatan itu, Audi Marpi mengatakan, kegiatan Germas merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat, untuk meningkatkan kualitas hidup yang dimulai dari keluarga.

“Karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Germas dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol,  memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban,” kata dia.

BACA JUGA:Ranperda APBD Perubahan Pesisir Barat Tahun 2024, Total Pendapatan Daerah Rp1 Triliun Lebih

BACA JUGA:Jenazah Turis Prancis Diserahkan ke Agensi Ekspedisi Sky Funeral Service

Menurutnya, dengan menerapkan germas diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara membiasakan berolahraga, membiasakan makan sayur dan buah dan melakukan cek kesehatan minimal enam bulan sekali.

“Untuk mensukseskan germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, namun juga memerlukan peran seluruh lintas sektor serta seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, momentum tersebut harus menjadi momen bagi semua lapisan masyarakat untuk memperkuat komitmennya secara bersama-sama dalam mempraktekkan pola hidup sehat dan pentingnya akan hidup bersih dan sehat.

“Semoga dengan adanya kegiatan Germas yang dilaksanakan Puskesmas Lemong ini, dapat memberikan kesadaran ke masyarakat untuk kembali aktif dalam menerapkan pola hidup sehat,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: