Lewat Germas, Pemkab Pesisir Barat Ajak Masyarakat Terapkan Hidup Sehat

Lewat Germas, Pemkab Pesisir Barat Ajak Masyarakat Terapkan Hidup Sehat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2024, yang dipusatkan di Pekon Mulang Maya Kecamatan Ngaras, Senin 24 Juni 2024 kemarin.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Pj. Sekda, Drs. Jon Edwar, M. Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Ny. Septi Istiqlal., Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pesbar, L. Liastuti., Plt. Kadis Kesehatan, Suryadi, S. Ip., M.M., sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala UPTD  Puskesmas, Peratin dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal mengatakan pada dasarnya Germas merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat, untuk meningkatkan kualitas hidup yang dimulai dari keluarga. 

Mengingat keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

BACA JUGA:Pemkab Pesisir Barat Ikuti Penilaian KLA 2024

“Dengan menerapkan germas diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara membiasakan berolahraga, membiasakan makan sayur dan buah, dan melakukan cek kesehatan minimal enam bulan sekali,” kata dia.

Dijelaskannya, untuk mensukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. 

Lebih dari itu, memerlukan peran seluruh lintas sektor serta seluruh lapisan masyarakat.

“Momentum ini tentunya harus menjadi momen bagi kita semua untuk memperkuat komitmennya secara bersama-sama dalam mempraktekkan pola hidup sehat dan pentingnya akan hidup bersih dan sehat,” tegasnya.

BACA JUGA:Pangan dan Jajanan Ikut Menentukan Masa Depan Generasi Anak

Sementara itu, Plt. Kadiskes Suryadi., mengatakan Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat, serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

“Aksi germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. 

Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat, serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: