Itera Terima 3.081 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBT

Itera Terima 3.081 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBT

Jalur SNBT, Itera Terima 3.081 Calon Mahasiswa Baru. Foto Dok Itera--

MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Institut Teknologi Sumatera (Itera) menerima 3.081 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang diumumkan serentak secara nasional, Kamis (13/6/2024). 

Sebanyak 3.081 peserta yang dinyatakan lolos tersebut, tersebar di 41 program studi (prodi) S1 Itera. Dari total calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNBT, sebanyak 1.062 (34,5%) calon mahasiswa adalah pendaftar beasiswa KIP- Kuliah. 

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Itera Dr. Abdul Rajak mengatakan, 3.081 peserta yang dinyatakan lolos tersebut harus bersaing dengan 10.681 pendaftar SNBT di Itera.

Adapun lima prodi dengan pendaftar terbanyak jalur SNBT tahun ini yakni Prodi Farmasi 1134 pendaftar, Teknik Pertambangan (1.083), Teknik Informatika (961), Teknik Industri (663), dan Teknik Sipil (492).

Sedangkan lima Provinsi teratas asal peserta yang dinyatakan lolos SNBT Itera tahun ini, yaitu Provinsi Lampung sebanyak 1.291 orang (41,90%), Sumatera Utara 611 orang (19,83%), Sumatera Barat 246 orang (7,98%), Sumatera Selatan 245 orang (7,95%), dan Jawa Barat 244 orang (7,92%).

"Bagi peserta yang dinyatakan lolos SNBT di Itera diminta untuk mengisi data isian mahasiswa (DIM), yang berisi data pribadi, keluarga, penghasilan orang tua, dan lainnya pada laman http://dim.itera.ac.id," ujar Abdul Rajak dalam keterangan tertulisnya.

Dia menjelaskan jadwal pengisian DIM bagi calon mahasiswa baru jalur SNBT dijadwalkan 14 - 24 Juni 2024. Pengisian DIM tersebut menjadi data untuk penetapan besaran uang kuliah Tunggal (UKT) yang akan dibayarkan mahasiswa. Sementara, besaran UKT masing-masing calon mahasiswa akan diumumkan pada 10 Juli 2024 melalui akun DIM yang dimiliki.

Abdul Rajak juga menyampaikan, bagi calon mahasiswa yang belum lolos SNBT, Itera juga masih membuka jalur mandiri. Jalur mandiri terdekat yang dapat diikuti yaitu Seleksi Mandiri SMMPTN Barat yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 4 Mei – 20 Juni 2024.  Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi smmptnbarat.id.

Pada seleksi jalur SMM PTN-Barat, calon mahasiswa dapat memilih maksimal 4 (empat) program studi yang tersebar di 25 perguruan tinggi negeri (PTN) yang tahun ini tergabung dalam program SMM PTN-Barat, termasuk Itera. Minimal satu program studi harus dipilih pada PTN tempat lokasi UTBK.

Abdul Rajak menambahkan, sebanyak 41 Program Studi di Itera membuka pendaftaran jalur SMM PTN Barat. Itera mengalokasikan sebanyak 219 kuota calon mahasiswa baru untuk jalur SMM PTN-Barat tahun ini, yang tersebar di 41 Prodi S1.

Lebih lanjut Abdul Rajak menjelaskan, calon peserta UTBK SMM PTN-Barat terlebih dahulu harus mendaftarkan diri secara online melalui laman (https://pendaftaran.smmptnbarat.id/). Adapun biaya pendaftaran sebesar Rp 375.000,- dibayarkan pada saat pendaftaran online melalui bank mitra yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI.

Sementara syarat pendaftar jalur SMM PTN Barat yaitu lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan paket C tiga tahun terakhir (lulusan 2022, 2023, dan 2024), yang telah memiliki ijazah, atau surat keterangan lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah. Peserta tidak diterima melalui jalur SNBP dan SNBT atau peserta diterima melalui jalur SNBT, namun belum melakukan daftar ulang.

“Pelaksanaan tes UTBK SMM PTN Barat dijadwalkan tanggal 27 Juni s/d 05 Juli 2024, dan Itera menjadi salah satu lokasi UTBK yang dapat dipilih para peserta,” kata Abdul Rajak.

Selain SMMPTN Barat, Itera juga akan membuka jalur Ujian Seleksi Mandiri Prestasi Khusus (USM-PK). Melalui jalur ini, Itera memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK sederajat yang memiliki prestasi akademik dan non akademik untuk mengikuti tes. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui laman pmb.itera.ac.id. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: