Beberapa Bantuan Sosial Jelang Idul Adha yang akan Dicairkan

Beberapa Bantuan Sosial Jelang Idul Adha yang akan Dicairkan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang membutuhkan menjelang hari besar keagamaan dengan Bansos jelang Idul Adha.

Diberikan untuk meringankan beban ekonomi warga, terutama untuk mempersiapkan kebutuhan Idul Adha seperti bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

Disalurkan melalui beberapa kementerian dan lembaga terkait, dengan harapan dapat memberikan manfaat secara signifikan untuk penerimanya.

Berikut beberapa daftar bansos jelang Idul Adha.

BACA JUGA:Pencairan Bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Tahap 4 Mengalami Perbedaan

1. PIP (Program Indonesia Pintar) Ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Bantuan yang disalurkan dalam dua termin, yaitu Mei-September dan November-Desember 2024.

2. BLT Dana Desa: Bansos berupa Rp300.000 per bulan selama 3 bulan (total Rp900.000) dan diprioritaskan kepada KPM yang belum mendapatkan PKH dan memiliki komponen lansia dalam Kartu Keluarganya.

3. Bantuan Beras 10 Kg: Bansos Beras 10 kg per KPM dan sudah disalurkan hingga tahap kelima. Tahap keenam ini sedang dalam proses penyaluran dan berpotensi dilanjutkan hingga Desember 2024.

4. Bantuan Khusus Anak Yatim Piatu: Diberikan kepada anak yatim piatu dengan nilai Rp200.000 per bulan.

BACA JUGA:Apakah Anda Termasuk Penerima Bansos PKH Mei-Juni? Segera Cek di Situs cekbansos.kemensos.go.id

5. KJP Plus (Kartu Jakarta Pintar Plus): Bansos ini khusus untuk wilayah DKI Jakarta, diberikan kepada pelajar SD, SMP, SMA, dan SMK, nominal bantuan ini berbeda-beda.

Pencairan jelang Idul Adha biasanya dilakukan beberapa minggu sebelum hari raya tiba. Agar keluarga penerima manfaat memiliki waktu yang cukup dalam mempersiapkan segala kebutuhan mereka.

Pemerintah biasanya mengumumkan jadwal pencairan melalui media massa dan saluran komunikasi resmi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: