Pekon Sukapura Relaisasikan Program Ketahanan Pangan dan BLT-DD Tahap Pertama

Pekon Sukapura Relaisasikan Program Ketahanan Pangan dan BLT-DD Tahap Pertama

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dua program Anggaran Dana Desa (ADD) Sukapura, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Tahap I direalisasikan secara bersamaan di balai pekon setempat pada Senin 20 Mei 2024.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) disalurkan bersamaan dengan Bantuan Program Ketahanan Pangan Hewani berupa ikan lele dan nila sasaran kelompok tani (Poktan). 

Acara tersebut dihadiri langsung Camat Sumber Jaya Agus Hadi Purnama, S.IP,  Babinkamtibmas, Babinsa, pendamping desa, jajaran pemerintah Pekon, ketua dan anggota LHP serta KPM.

Dalam sambutannya Camat Agus menyampaikan program BLT-DD merupakan inisiatif pemerintah pusat melalui pemerintah pekon, sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan (PMK)201/PMK 07/2022, yang mengacu pada perubahan PMK 128, PMK 07/2021.

Sehingga diharapkan dengan telah disalurkan BLT-DD untuk lima bulan sekaligus ini, membantu KPM, di masa musim paceklik yang tengah terjadi sehingga bermanfaat dengan baik sesuai dengan kebutuhan masing-masing penerima manfaat. 

BACA JUGA:Rangkaian TMMD Ke-120 Kodim 0422 Gelar Penyuluhan Bencana Alam Bersama BPBD

Peratin Sukapura Setiawati menyampaikan bahwa penyaluran BLT-DD merupakan bagian dari program jaringan pengamanan sosial (JPS) sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, beberapa tahun yang lalu.

Sasaran BLT-DD ini kepada lansia, yatim dan piatu, atau warga yang benar-benar layak menerimanya berdasarkan hasil musyawarah. 

Dimana setiap KPM menerima Rp 300.000 per bulan, dan total untuk lima bulan Rp 1.500.000.

Setiawati sapaan akrab warganya Bunda mengharapkan agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan bijaksana untuk keperluan keluarga mengingat sekarang ini masih suasana paceklik karena karena penghasilan warga mayoritas petani kopi, dan diperkirakan musim kopi di pertengahan bulan Juli.*

 

"Dengan tersalurkannya BLT-DD ini setidaknya bisa menopang ekonomi masyarakat untuk tiga bulan ke depan, semoga bantuan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi mereka yang menerimanya," harapannya. 

Sementara penyerahan bantuan Ketahanan Pangan kepada Poktan berupa ikan lele dan Nila, serta pakan ikan, diharapkan juga bibit ikan yang diserahkan itu dapat berkembang biak, sehingga kelompok tani bisa menikmati hasilnya dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga dan perkembangan poktan.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: