Kunjungan Wisatawan di Lampung Barat Meningkat 69,9 Persen

Kunjungan Wisatawan di Lampung Barat Meningkat 69,9 Persen

Kepala Disporapar Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selama bulan April 2024 diestimasikan terdapat 60,482 kunjungan wisatawan di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Lampung Barat.

“Momen libur lebaran yang panjang dan fenomena mudik menjadi pendukung jumlah kunjungan yang meningkat sebesar 69,9 %,” ungkap Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd, Kamis 9 Mei 2024.

Selain momen libur lebaran, lanjut Dahlin, adanya Pesta Sekura Cakak Buah yang menjadi tradisi tahunan setiap tanggal 1 hingga 7 Syawal juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Lampung Barat.

“Tradisi ini juga membangkitkan perekonomian skala mikro di sekitar tempat kegiatan pesta sekura berlangsung,” ujar dia.

BACA JUGA:Cegah Tindak Kejahatan, Polres Lampung Barat Tingkatkan Patroli KRYD

Lanjut Dahlin, destinasi favorit wisatawan selama libur lebaran ini di antaranya Lumbok Seminung, Pinus Ecopark, dan Kebun Raya Liwa, juga pekon-pekon yang mengadakan Pesta Sekura Cakak Buah dipenuhi oleh pengunjung selama pesta berlangsung.

“Jadi selama bulan April jumlah pengunjung destinasi wisata di Lampung Barat mengalami peningkatan dibanding bulan bulan sebelumnya, dan kita berharap kedepan jumlah kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan,” harapnya.

Sekadar diketahui, Provinsi Lampung memiliki Kabupaten/Kota yang kaya destinasi wisata, satu di antaranya adalah Kabupaten Lampung Barat.

Pemkab Lampung Barat telah menetapkan 10 destinasi terfavorit di daerah Lampung Barat. 

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Perpanjang Pendaftaran Calon PPS Pilkada 2024

Sesuai dengan SK Bupati Lampung Barat Nomor/178/KPTS/III.05/2023, 10 destinasi pariwisata terfavorit tersebut yaitu Kebun Raya Liwa (KRL) di Kecamatan Balik Bukit, Puncak Bawang Bakung “Negeri di Atas Awan” Kecamatan Batu Brak, Kawasan Kopi Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam, Kawasan Wisata Terpadu Seminung Lumbok Resort Kecamatan Lumbok Seminung, Ekowisata Suoh Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandar Negeri Suoh.

Kemudian, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Arung Jeram Way Besai Kecamatan Sumberjaya, Temiangan Hill Kecamatan Gedung Surian, Ekowisata Pinusan dan Puncak Rest Area Kecamatan Sumberjaya serta Wisata Budaya Paksi Pak Sekala Bekhak Kecamatan Belalau, Batubrak dan Sukau.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: